
Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di SDN 027 Tarakan
Pengarang : Sarwinda Yulia Ningsi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Fokus pada penelitian ini adalah upaya kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di sdn 027 tarakan dan hambatan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di sdn 027 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 027 tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. sumber data pada penelitian adalah data primer dan data skunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, dua guru kelas rendah, dua guru kelas tinggi. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian pada fokus pertama yaitu upaya kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatka kinerja guru di sdn 027 tarakan. dari aspek pertama lingkungan fisik kepala sekolah telah mengatur lingkungan fisik sekolah dengan baik seperti pengaturan ruang kerja guru dan lingkungan sekolah. hanya saja beberapa sarana belum terpenuhi untuk menunjang kinerja guru. kedua adalah pengaturan suasana kerja kepala sekolah telah mengatur dengan baik, dilihat dari suasana kerja yang tenang, menyenangkan, harmonis dan aman. ketiga disiplin kepala sekolah telah menanamkan kedisiplinan kepada guru dengan baik, terlihat dari sikap yang dicontohkan kepala sekolah kepada guru. keempat adalah dorongan kepala sekolah telah memberikan dorongan dengan melibatkan guru untuk menyusun kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan guru. kelima penghargaan kepala sekolah memberikan penghargaan kepada guru dalam bentuk pujian. fokus kedua yaitu hambatan kepala sekolah sebagai motivator dalam meningkatkan kinerja guru di sdn 027 tarakan. dari aspek yang pertama hambatan internal kepala sekolah yaitu kurangnya respon yang diberikan oleh guru. kedua hambatan eksternal yang dialami kepala sekolah sebagai motivator yaitu kurangnya sarana dalam meningkatkan kinerja guru. kata kunci: peran kepala sekolah sebagai motivator, meningkatkan kinerja guru, sdn 027 tarakan
Abstrak Indonesia
The focus of this research is the efforts of principals as motivators in improving teacher performance in sdn 027 tarakan and the obstacles of principals as motivators in improving teacher performance at sdn 027 tarakan. the type of research used is descriptive qualitative research conducted at 027 tarakan elementary school in the 2017/2018 school year. data sources in the study are primary data and secondary data. the informants in the study were principals, two low grade teachers, two high class teachers. data collection techniques in this study were interviews, observation, and documentation. data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation, and conclusion. the results of the study at the first focus were the efforts of principals as motivators in improving teacher performance at sdn 027 tarakan. from the first aspect, the physical environment of the school principal has managed the school's physical environment well, such as the arrangement of the teacher's workspace and the school environment. it's just that a number of facilities have not been fulfilled to support teacher performance. the second is the arrangement of the working atmosphere of the principal, who has managed well, judging by the calm, pleasant, harmonious and safe working atmosphere. the three disciplines of principals have instilled discipline in the teacher well, as seen from the attitude exemplified by the principal to the teacher. fourth is the encouragement of school principals to provide encouragement by involving teachers to arrange activities to be carried out together with the teacher. the five headmaster awards give awards to the teacher in the form of praise. the second focus is the obstacle of principals as motivators in improving teacher performance in sdn 027 tarakan. from the first aspect the principal's internal obstacles are the lack of response given by the teacher. the two external obstacles experienced by the principal as a motivator are the lack of means to improve teacher performance. keywords: role of principals as motivators, improve teacher performance, sdn 027 tarakan