UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produksi Dedak Padi Menjadi Pakan Ternak Di Desa Mansalong Kabupaten Nunukan

Analisis Bauran Pemasaran Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produksi Dedak Padi Menjadi Pakan Ternak Di Desa Mansalong Kabupaten Nunukan

Pengarang : DENDY ALFIANTO

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Dedak padi sering diartikan sebagai bahan buangan atau hasil samping dari proses penggilingan padi. masalah utama dari dedak padi sebagai bahan pakan ternak yaitu nilai nutrisinya rendah. tujuan penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui bauran pemasaran produk pakan ternak di desa mansalong kabupaten nunukan. (2) menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pelanggan pada produksi pakan ternak di desa mansalong kabupaten nunukan. penentuan sampel pada penelitian ini adalah non-probability sampling. teknik pengambilan sempel adalah menggunakan purposive sampling. dengan sebanyak 50 responden. skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan proses (pengumpulan data, kuisione, wawancara, studiputaka dan dokumentasi) dan kuantitatif menggunakan metode regresi linier berganda. hasil penelitian ini menunjukan bahwa karakterisitik konsumen terdiri dari jenis kelamin pria yang bekerja sebagai peternak, dominan usia yaitu 17 – 26 tahun dan tingkat dominan pelanggan adalah orang dewasa. model persamaan regresi linier berganda ini menunjukan bahwa factor produk, harga dan promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di peroleh y= 7,848 + 0,251x1 - 0,028x2 - 0,016x3 + 0,195x4 + e. hasil uji f menunjukan bahwa secara simultan semua variabel independent (x) berpengaruh nyata terhadap variabel dependent (y) yang artinya input yang digunakan memberikan pengaruh nyata terhadap kepuasan pelanggan. hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai r square sebesar 0,851 yang berarti bahwa 85,1% variasi dari kepuasan pelanggan bisa dijelaskan oleh variasi dari variable independennya ( produk, harga, tempat dan promosi). sedangkan sisanya sebesar 14,9% (100%-85,1%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak disertakan dalam analisis penelitian ini. secara persial (uji t) variabel produk (x₁) dan harga (x₂) dan promosi (x₄) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan varibel tempat (x₃) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dikarenakan nilai signifikannya > 0,05. kata kunci: dedak padi, bauran pemasaran, pelanggan. kepuasan

Abstrak Indonesia

Frequently, rice bran is thought of as a waste product or by-product of the milling of nice. the biggest drawback of using rice bran as an animal feed ingredient is that it is not very nutrient-dense. the objectives of this study were to: (1) identify the animal feed products' mixed marketing in mansalong village, nunukan regency. (2) examining how the mixed marketing in mansalong village, nunukan regency. affected consumer satisfaction with the manufacturing of animal feed: non probability sampling was used to choose the study's sample. purposive sampling was the sampling method used with up to 50 participants. this thesis combined a quantitative multiple linear regression method with a qualitative data collection process (questionnaires, interviews, literature reviews, and documentation). the results of this study indicated that the consumer characteristics consisted of male sex who worked as a breeder, the dominant age was 17-26 years and the dominant level of the customer was an adult. this multiple linear regression model showed that product, price and promotion factors had an effect on customer satisfaction. y= 7,848+0,251x1 -0.028x2-0,016x3+ 0,195x4+ e. the results of the f test showed that simultaneously all independent variables (x) had a significant effect on the dependent variable (y), which meant that the input used had a significant effect on customer satisfaction. the results of this study indicated that the value of r square was 0.851 which meant that 85.1% of the variation of customer satisfaction could be explained by variations of the independent variables (product, price, place and promotion). while the remaining 14.9% (100% -85.1%) was explained by other reasons not included in the analysis of this study. partially (t test) the product variable (x₁) and price (x) and promotion (x4) had a significant effect on customer satisfaction while the place variable (xs) had no significant effect on customer satisfaction because the significance value was >0.05. keywords: rice bran, mixed marketing, customer, satisfaction