
Analisis Strategi Pengembangan Usaha Tahu Di Kelurahan Karang Anyar Kota Tarakan
Pengarang : Andi Citra
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilatar belakangi untuk menjawab permasalahan: (1) bagaimana karakteristik pengusaha tahu dan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan (2) apa saja faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal dalam pengembangan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan (3) bagaimana strategi pengembangan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan. tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi karakteristik pengusaha tahu dan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan. (2) mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal dalam pengembangan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan. (3) untuk merumuskan strategi pengembangan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan. metode penelitian menggunakan sampel jenuh (teknik sensus) dengan 10 pengusaha industri tahu. metode analisis menggunakan kualitatif deskriptif, matriks ifas dan efas, analisis swot. hasil penelitian menunjukkan faktor internal kekuatan sesuai dengan urutan skor tertinggi hingga terendah yaitu; lahan produksi luas, kualitas bahan baku sangat baik, pengalaman usaha dalam usaha tahu, kualitas produk tahu baik, tahu yang dihasilkan bebas bahan kimia. faktor eskternal peluang sesuai dengan urutan skor tertinggi hingga terendah yaitu; harga tahu terjangkau, kesadaran masyarakat mengonsumsi tahu tinggi, produk tahu bisa dikreasikan dalam berbagai produk, pangsa pasar luas. strategi pengembangan usaha tahu di kelurahan karang anyar kota tarakan adalah strategi agresif (strategi menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang) yang terdiri dari: (1) memanfaatkan lahan tempat produksi yang cukup luas untuk melakukan penyimpanan bahan baku kedelai ditengah tidak stabilnya atau mahalnya harga bahan baku dan mempertahankan kualitas bahan baku guna meningkatkan keunggulan produk dan meciptakan kualitas tahu yang baik serta mempertahankan harga tahu yang terjangkau (2) memanfaatkan bahan baku yang bisa dikreasikan dalam berbagai produk dengan memanfaatkan kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi tahu yang tinggi (3) memanfaatkan pengalaman dalam usaha guna mempertahankan kualitas tahu dan kembangkan produk dengan memperluas kerja sama dengan berbagai pihak mitra usaha dan memanfaatkan pasar tahu yang luas. kata kunci: analisis swot, matriks ifas dan efas, strategi pengembangan
Abstrak Indonesia
The background of this research is to answer the following problems: (1) what are the charcteristics of tofu entrepreneurs and tofu bussinesses in karang anyar villlage, taraankan cianty? (2) what are the internal and external environmental factors in developing tofu business in karang anyar village, tarakan city? (3) how is the development of tofu business conducted in karang anyar village, tarakan city? the aims of this study were (1) to identifity the characteristics of tofu entepreneurs and tofu business in karang anyar village, tarakan city ; (2) to identify internal and external environmental factors in development of tofu business in karang anyar village, tarakan city; (3) to formulate a strategy for developing tofu business in karang anyar village, tarakan city. the research used saturated sample (census technique) with 10 tofu industry entrepreneurs. the method of analysis was descriptive qualitative, ifas and efas matrix,swot analysis the results showed that the internal factors of strength were in the order of the highest to the lowest scores, namely, wide production area, very good quality of raw materials, bussines experience in the tofu business, tofu product quality was good, the tofu produced was chemical-free. opportunity external factors were in order of highest to lowest score, namely, tofu prices were affordable, public awareness of consuming tofu was high, tofu products could be created in various products, wide market share. the strategy of developing tofu business in karang anyar village , tarakan city was an aggressive strategy ( a strategy of using strength to take advantage of opportunites ) which consisted of (1) utilizing a marge enough production area to store soybean raw materials in the midst of unstable or high prices of raw materials maintain the quality of raw materials in order to in increase product excellence and create good quality tofu and maintain affordable tofu prices, 2) utilizing raw materials that could be created in various products by utilizing public awareness in consuming high tofu, (3) utilizing experience in business to maintain tofu quality and product development by expanding cooperation with various business partners and taking advantage of the broad tofu market. keywords: swot analysis, ifas and efas matrix, development strategy