
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-A SDN 031 Tarakan
Pengarang : Yulius Sampe
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi gaya, dengan menggunakan metode think pair share pada siswa kelas v-a sdn 031 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 031 tarakan pada semester ii tahun ajaran 2017/2018. subjek penelitian adalah siswa kelas v a sdn 031 tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif, dan aspek psikomotorik. hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar ipa kelas v a sdn 031 tarakan. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 63% pada siklus ii meningkat menjadi 90%. pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 50% pada siklus ii meningkat menjadi 80%. kemudian pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 60% pada siklus ii meningkat menjadi 93%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe think pair share
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve the creativity and learning outcome of ipa material style, using think pair share method on the students of grade v a sdn 031 tarakan. the type of research used is class action research (ptk) conducted at sdn 031 tarakan in second semester of academic year 2017/2018. the subjects were v a students of sdn 031 tarakan with 30 students and 14 boys and 16 female students. this study was conducted in 2 cycles each cycle consisting of 2 meetings. the procedure of each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. data obtained in this research include observation sheet of student activity, observation sheet of teacher activity, cognitive aspect assessment (test of learning result), affective aspect, and psychomotor aspect. and student creativity. the results showed cooperative learning model type think pair share can improve the creativity and learning outcomes of science students v a grade sdn 031 tarakan. in the first cycle, the students' learning achievement of cognitive aspects of 63% in cycle ii increased to 90%. in the first cycle of students' learning achievement, the affective aspects of 50% in cycle ii increased to 80%. then in cycle i mastery of students' learning outcomes 60% psychomotor aspects in cycle ii increased to 93%. keywords: learning outcomes, cooperative learning model type think pair share