UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 045 Tarakan

Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V-B SDN 045 Tarakan

Pengarang : Samsuri Alamsyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains pada siswa kelas v-b sdn 045 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk). subjek penelitian adalah 31 siswa, siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam ii siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, penelitian kognitif dan psikomotorik. hasil penelitian dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa kelas v-b sdn 045 tarakan. pada siklus i ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 54,839% menjadi 90,322% pada siklus ii, aspek psikomotorik siklus i sebesar 64,516% menjadi 100% pada siklus. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: pendekatan keterampilan proses sains, hasil belajar

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve science learning outcomes by applying science process skill approach to students of grade v-b sdn 045 tarakan. the type of research used is classroom action research (ptk). the subjects were 31 students, male students were 16 students and 15 students. this study was conducted in two cycles each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. data obtained in this study include observation sheet of teacher activity, student activity, cognitive and psychomotor research. the results of research by applying science process skill approach can improve science learning outcomes in students of grade v-b sdn 045 tarakan. in cycle i completeness of learning result of cognitive aspect 54,839% to 90,322% in cycle ii, psychomotor aspect of cycle i is 64,516% to 100% in cycle. so it can be concluded that the research has been successful and in accordance with success indicators. keywords: approach to process science skills, learning outcomes