UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Di SDN 020 Tarakan

Peran Kepala Sekolah Dalam Penerapan Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Di SDN 020 Tarakan

Pengarang : Said

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Fokus pada penelitian ini adalah kompetensi kepala sekolah dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sdn 020 tarakan dan peran kepala sekolah dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sdn 020 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 020 tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. sumber data pada penelitian adalah data primer dan data skunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, guru bidang humas, komite sekolah, masyarakat dan pengawas sekolah. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian pada fokus pertama yaitu kompetensi kepala sekolah penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sdn 020 tarakan. dari aspek yang pertama kompetensi kepribadian kepala sekolah yang sudah baik karena dalam pelaksanaannya melibatkan semua warga sekolah. kedua adalah kompetensi sosial yang dilakukan kepala sekolah sudah baik karena sudah melibatkan masyarakat secara aktif. ketiga kompetensi manajerial meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. keempat adalah kompetensi supervisi yang dilakukan sudah cukup baik namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. kelima adalah kompetensi kewirausahaan dimana ada usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam pengadaan dana sekolah. fokus kedua yaitu peran kepala sekolah dalam penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sdn 020 tarakan. dari hasi pembahasan peran kepala sekolah terlihat berdampak positif pada penerapan manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di sdn 020 tarakan. kata kunci: peran kepala sekolah, manajemen hubungan sekolah dan masyarakat, sdn 020 tarakan

Abstrak Indonesia

This research is focuses on the headmaster's competence in the implementation of school and community relationship management at sdn 020 tarakan and the role of headmaster in the implementation of school and community relationship management at sdn 020 tarakan. the type of research used is descriptive qualitative research conducted at sdn 020 tarakan in the academic year 2017/2018. sources of the data in this study were primary data and secondary data. informants in the study were principals, public relations teachers, school committees, community and school supervisors. data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. data analysis technique in this research are data reduction, data presentation, and conclusion. based on data analysis and discussion of the results at the first focus is the principal's competence in the implementation of school and community relationship management at sdn 020 tarakan. from the first aspect of the headmaster's personality competence was already good because in its implementation involves all the citizens of the school. the second is the social competence that the principal had done well because it has actively involved the community. the three managerial competencies are include aspects of planning, organizing, implementing, and supervising. fourth is the competence of supervision is done good enough but there were still some things that need to be considered. fifth is entrepreneurial competence where there is effort done by principal in procurement of school fund. the second is focus on the role of headmaster in implementing school and community relationship management at sdn 020 tarakan. from the discussion of the role of headmaster seems to have a positive impact on the implementation of school and community relationship management at sdn 020 tarakan. keywords: role of the headmaster, relation of school and management of community, and sdn 020 tarakan