UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Kepala Sekolah Sebagai Pencipta Iklim (Climator Maker) Dalam Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah Di SDN 037 Tarakan

Peran Kepala Sekolah Sebagai Pencipta Iklim (Climator Maker) Dalam Melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah Di SDN 037 Tarakan

Pengarang : Riza Satria

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Fokus pada penelitian ini adalah deskripsi peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah di sdn 037 tarakan dan manfaat penerapan gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 037 tarakan pada tahun ajaran 2017/2018.sumber penelitian adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian ini adalah kepada sekolah, guru kelas rendah dan guru kelas tinggi dan staf perpustakaan. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus pertama yaitu deskripsi peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah di sdn 037 tarakan dapat diketahui bahwa peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam melaksanakan gerakan literasi sekolah meliputi mengatur lingkungan kerja disekolah, mengatur suasanan kerja disekolah, dan menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman. fokus kedua yaitu manfaat penerapan pelaksanaan gerakan literasi sekolah terhadap minat baca siswa yang dapat dilihat dari kemampuan minat baca siswa, dan pengaruh frekuensi membaca. kata kunci: peran kepala sekolah sebagai pencipta iklim dalam melaksanakan gls

Abstrak Indonesia

Focus on research is a description of the role of the school principal as the creator of the literacy movement in carrying out climate schools in sdn 037 tarakan and the benefits of the application of the school's literacy movements against the interest of the students read. the type of research used a qualitative descriptive study was conducted on the sdn 037 tarakan on school year 2017/2018. source research is the primary data and secondary data. informants on the research is to the school, the teacher is the class teacher of low and high class and the staff library. data collection techniques in the study was observational, interviews, and documentation. technique of data analysis in this study was the reduction of the data, the presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. based on the data analysis and discussion of the results of research on the focus of the first description of the role of the school principal as the creator of the literacy movement in carrying out climate schools in sdn 037 tarakan may note that the role of the school principal as the creator of the climate literacy movement in the school include regulating the working environment in schools, organize work in schools, suasanan and apply the principle of rewards and punishment. the second focus, namely application of benefits of implementing a school literacy movement against the interest of the students read can be seen from the reading interests of students, abilities and influence the frequency reading. keywords: the role of headmaster as climator maker in implementing gls