
Perbandingan Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetic Dengan Model Pembelajaran Direct Intruction Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II SDN 019 Tarakan
Pengarang : Ria Ayu Indriyani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ipa siswa dengan menerapkan model pembelajaran visual auditory kinestetic dengan model pembelajaran direct intruction di kelas ii sdn 019 tarakan. jenis penelitian ini ialah penelitian eksperimen semu. penelitin ini dilakukan pada bulan april 2018. dengan populasi siswa kelas ii sdn 019 tarakan dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas ii-c sebagai kelas eksperimen dan kelas ii-a sebagai kelas kontrol. teknik dalam pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedan hasil belajar ipa siswa dengan menerapkan model pembelajaran visual audiotory kinestetic dengan model pembelajaran direct intruction. hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar ipa siswa diperoleh thitung = 5,84 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 62, diperoleh ttabel = 1,99 berarti thitug > ttabel. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ipa siswa dengan menerapkan model pembelajaran visual auditory kinestetic dengan model pembelajaran direct intruction pada siswa kelas ii sdn 019 tarakan. kata kunci: model pembelajaran visual audiotory kinestetic, model pembelajaran direct instruction, hasil belajar, ipa
Abstrak Indonesia
The research aimed to find out the differences the result of science students score with appned visual auditory kinestetic model with direct intruction model insecond grade at sdn 019 tarakan. the design of this research was quasi-experiment. this research was done on april 2018. the population was two classes, ii-c as experiment class and ii-a as control class. the teachnique teas choosen for the sample is purposive sampling. the result showed that there was the differences of the result science students score with applied visual auditory kinestetic model and direct intruction model. the result of independent sample t-test to the result of science students score tcount = 5,84 in significant taraf = 0,05 and df= 62, and them obtained ttable = 1,99 it means tcount > ttable. from explanation above, there was the differences of the result science students score with applied visual auditory kinestetic model and direct intruction model toward second grade at sdn 019 tarakan. keywords: visual auditory kinestetic model, direct instructions model, the result of students score, science