
Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Scientific Di Kelas IV SDN 048 Tarakan
Pengarang : Renny Aspianti
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di sdn 048 tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. terdapat dua fokus penelitian, fokus pertama adalah pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific di kelas iv, fokus kedua adalah faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific. hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific telah dilaksanakan di kelas iv sdn 048 tarakan yang meliputi: a) dalam kegiatan mengamati, guru telah menentukan objek yang diamati oleh peserta didik yaitu teks bacaan. b) dalam kegiatan menanya, guru telah memberikan kesempatan bertanya lebih banyak kepada peserta didik. c) dalam kegiatan menalar, peserta didik memilah data yang ia peroleh, mampu menghubungkan informasi yang diperoleh dan mampu menyusun jawabannya. d) dalam kegiatan mencoba, guru tidak memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan percobaan, tetapi guru hanya mencontohkan sebagian kecil bentuk kegiatan yang berkaitan dengan materi pembelajaran. e) dalam kegiatan mengkomunikasikan, peserta didik telah mengkomunikasikan hasil tugasnya. 2) masih banyak faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran tematik integratif dengan pendekatan scientific baik dari guru, peserta didik, maupun fasilitasnya. kata kunci: pelaksanaan, tematik integratif, pendekatan scientific
Abstrak Indonesia
The method which used in this research was descriptive qualitative which implemented in sdn 048 tarakan on the teachings of 2017/2018. there were two research focuses; the first was the implementation of integrative thematic learning with a scientific approach in class iv, the second was an inhibiting factor in the implementation of integrative thematic learning with a scientific approach. the results showed that 1) in the implementation of integrative thematic learning with a scientific approach has been implemented in class iv which includes a) in observing activity, the teacher has determined the object that observed by the students. the object was the text of the reading, b) in the questioning activity, the teacher already given the opportunity to the students to ask more question, c) in the associating activity, the students choose the data they get, they were able to connect the information that they get and compile the answer, d) in the experimenting activity, the teacher did not give the students chance to try anything, but the teacher only give a example of activity which related to the learning material, e) in communicating activity, the students have communicated the results of their answer. 2) there was still many an inhibiting factor in the implementation of integrative thematic learning with a scientific approach from teacher, students, and facilities. keywords: implementation, integrative thematic, scientific approach