UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Kebijakan Retribusi Parkir Berbasis E-Parkir Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Tarakan

Efektivitas Kebijakan Retribusi Parkir Berbasis E-Parkir Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Tarakan

Pengarang : Rahmat Hidayat

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas kebijakan retribusi parkir berbasis e-parkir serta untuk mengetahui kontribusi retribusi parkir berbasis e-parkir pada pendapatan asli daerah kota tarakan. kebijakan retribusi parkir berbasis e-parkir merupakan beijakan yang dikeluarkan pemerintah kota tarakan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah kota tarakan serta kemudahan, keringan dalam pembayaran retribusi parkir bagi masyarakat kota tarakan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. berdasarkan perhitungan efektivitas penerimaan retribusi parkir serta intrepetasi efektvitas, persentase efektivitas dari kebijakan retribusi parkir berbasis e-parkir pada tahun 2020 sebesar 81% dengan kurang efektif serta tingkat efektivitas pada tahun 2021 yaitu 51% dengan kriteria tidak efektif. dimana dalam dua tahun kebijakan retribusi e-parkir kota tarakan mencapai efektivitas rata-rata 66% dari target retribusi e-parkir dengan kriteria kurang efektif . rasio kontribusi retribusi parkir berbasis e-parkir terhadap pendapatan asli daerah yang hitung menurut rumus kontribusi pada tahun 2020 sebesar 0,30% serta pada tahun 2021 sebesar 0,17% diproleh nilai rata-rata sebesar 0,23%, dengan berdasarkan intrepetasi kriteria nilai kontribusi dikategorikan sangat kurang. kata kunci : efektivitas, kontribusi, retribusi parkir

Abstrak Indonesia

This research aims to determine the level of effectiveness of the e-parking-based parking retribution policy and to determine the contribution of e-parking-based parking fees to the revenue of tarakan city. the e-parking-based parking retribution policy is a policy that issued by tarakan city government to increase the revenue of tarakan city as well as ease, relief in paying parking fees for the people of tarakan city. this research employed a quantitative approach using descriptive analysis. based on the effectiveness calculation of parking retribution receipts and the effectiveness interpretation, the percentage of effectiveness of the e-parking- based parking retribution policy in 2020 was 81% with the ineffective criteria and the effectiveness level in 2021 was 51% with the ineffective criteria, where in two years the levy policy of tarakan city e-parking achieves an average effectiveness of 66% of the e-parking retribution target with criteria less effective. the contribution ratio of parking fees based on e-parking to regional original revenue calculated according to the contribution formula in 2020 was 0.30% and in 2021 was 0.17%. so, the average value was 0.23% based on the interpretation of the value criteria was categorized as very low. keywords: effectiveness, parking retribution, contribution