
Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V-B SDN 016 Tarakan
Pengarang : Natalia La’lang Parura
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ips dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas v-b sdn 016 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk). subjek penelitian adalah 23 siswa, siswa laki-laki berjumlah 10 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam ii siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penelitian kognitif, psikomotorik, dan afektif. hasil penelitian dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar ips pada siswa kelas v-b sdn 016 tarakan. pada siklus i ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 57% menjadi 83% pada siklus ii, aspek psikomotorik siklus i sebesar 35% menjadi 83% pada siklus ii, dan aspek afektif siklus i sebesar 30% menjadi 78% pada siklus ii. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: metode mind mapping, hasil belajar
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to improve the learning outcome of science by using mind mapping method audio-visual media assisted students in grader v-b sdn 016 tarakan. the type of this research was used classroom action research (ptk). research subjects were 23 students, male students amounted to 10 students and women amounted to 13 students. this research was carried out in ii cycle of each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. data obtained in this study include the observation sheet of teacher activity, student activity, cognitive research, psychomotor, and affective. the results of research with mind mapping method supported the audio visual media can improve the result learning social science learning students class v-b sdn 016 tarakan.. in cycle i, the result of cognitive aspect learning achievement is 577% to 83% in cycle ii, the psychomotor aspect of cycle i is 35% to 83% in cycle ii, and affective aspects of cycle i is 30% to 78% in cycle ii. so it can be concluded that the research has been successful and in accordance with success indicators. keywords: mind mapping method and learning result