UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan

Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan

Pengarang : Marlin Bidang

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi energi dan perubahannya menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas v sdn 032 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotorik. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 44,4%, afektif 51,9%, psikomotorik 33,3%, tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa 64% dengan kategori baik, dan pengamatan aktivitas guru mencapai nilai 74,1% dengan kategori baik. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 85,2%, afektif 81,4%, psikomotorik 88,9%, tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa 82% dengan kategori baik sekali, dan pengamatan aktivitas guru mencapai 90,9% dengan kategori baik sekali. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ipa materi energi dan perubahannya pada siswa kelas v sdn 032 tarakan menggunakan metode eksperimen. kata kunci: metode ekperimen, penelitian tindakan kelas, kognitif, afektif dan psikomotorik

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to improve the learning outcomes of science on the topic energy and its changes, using experimental methods, conducted on the students grade v of sdn 032 tarakan. this type of research is a classroom action research (car), conducted in 2 cycles, each cycle is done in 2 meetings, and each cycle consists of 4 stages starting from planning, action, observation and reflection. data collection techniques used are tests and non- tests. the data collection instrument used is the learning result test, the activity assessment sheet, the affective appraisal sheet and psychomotor rating sheet. based on the results of the research that has been conducted, that is in cycle i, cognitive aspect completeness 44.4%, affective 51.9%, and psychomotor 33.3%, the mastery level of students’ activities is good, and the observation of teacher’s activities reaches 74.1%, the category is good. in cycle ii, cognitive aspect level 85.2%, affective 81.4%, psychomotor 88.9%, students’ learning activities 82%, and teacher’s activities reaches 90.9%, the category is very good. based on the results of the research that has been done this shows that the improvement of learning outcomes of science on the topic energy and its changes in class v sdn 032 tarakan using experimental methods. keywords: experimental methods, classroom action research, kognitive, affective and psychomotor