UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fungsi Organ Pencernaan Tubuh Dan Hubungan Makanan Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Fungsi Organ Pencernaan Tubuh Dan Hubungan Makanan Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas V

Pengarang : Karnita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan kepraktisan terhadap produk yang dikembangkan. penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development) dari model borg and gall yang dimodifikasi oleh sugiono (2016). instrumen penelitian dan pengembangan ii menggunakan lembar pedoman wawancara guru dan siswa, angket validasi ahl materi, ahli bahasa, ahli desain, respon guru, dan respon siswa. uji coba produk dilakukan pada enam orang siswa kelas v-a dan uji coba pemakaian dilakukan pada dua puluh lima siswa kelas v-b. proses pengembangan media pembelajaran interaktif dilakukan melalui sembilan tahap penelitian pengembangan. kelayakan media pembelajaran interaktif di peroleh dari angket validasi materi, validasi bahasa, dan validasi desain. angket validasi materi sebesar 92% dengan kategori sangat layak, angket validasi bahasa sebesar 95% dengan kategori sangat layak, dan angket validasi desain sebesar 86% dengan kategori sangat layak. kepraktisan media pembelajaran interaktif diperoleh dari hasil respon guru uji coba pemakaian produk sebesar 90% dengan ketegori sangat praktis, angket respon guru uji coba pemakaian sebesar 95% dengan kategori sangat praktis, angket respon siswa uji coba produk sebesar 94% dengan kategori sangat praktis, angket respon siswa uji coba pemakaian sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan layak dan praktis digunakan. kata kunci: pengembangan media pembelajaran, media pembelajaran interaktif, fungsi organ pencernaan dan hubungan makanan dan kesehatan

Abstrak Indonesia

The study aims to describe feasibility and practicality of the developed product. this research is a research and development (borg and gall model modified by sugiono (2016). research and development instruments ii use teacher and student interview sheets, questionnaire validation questionnaires, linguists, design experts, teacher responses, and student responses. product trials were conducted on six v-a-class students and a trial run was performed on twenty-five students of the v-b class. the process of developing interactive learning media is done through nine stages of development research. eligibility of interactive learning media was obtained from questionnaire material validation, language validation, and design validation. questionnaire validation of 92% material with very decent category, questionnaire validation of language of 95% with very decent category, and 86% design validation questionnaires with very decent category. the practicality of interactive learning media is obtained from the response of the teacher of the product usage test by 90% with very practical category, the questionnaire of teacher usage trials response is 95% with the very practical category, the questionnaire of the students response the product test by 94% with the category very practical, student's response to trial usage of 96% with very practical category. based on these results can be concluded interactive learning media developed feasible and practical use. keywords: development of learning media, interactive learning media, digestive organ function and food and health relationship