UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Tarakan

Pengarang : Muhammad Ogi Andriansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas viii smp muhammadiyah 2 tarakan yang mengacu pada tiga indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kefasihan, fleksibilitas, dan orisinalitas. penelitian ini dilakukan selama 1 bulan, mulai tanggal 17 januari - 17 februari 2022 di smp muhammadiyah 2 tarakan. informan pada penelitian ini sebanyak 3 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis di smp muhammadiyah 2 tarakan 1) hanya terdapat 1 indikator yang masuk kriteria tinggi yaitu indikator kefasihan yang terlihat dari kemampuan semua subjek dalam menyelesaikan soal matematika dengan jawaban yang bervariasi dan bernilai benar; 2) indikator fleksibilitas tergolong sedang karena hanya ada 2 subjek yang mampu menyelesaikan soal matematika dengan cara yang berbeda; 3) indikator orisinalitas tergolong rendah karena hanya 1 subjek yang mampu menyelesaikan soal matematika dengan caranya sendiri. kata kunci: berpikir kreatif matematis, pendidikan matematika

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine the mathematical creative thinking ability of eighth grade students of smp muhammadiyah 2 tarakan in terms of three indicators, namely fluency, flexibility, and originality. this research was conducted for 1 month, starting from january 17 to february 17, 2022, at smp muhammadiyah 2 tarakan. the informants in this study were 3 people who were selected using purposive sampling. data collection was carried out by observation, interviews, and documentation analysis and then analyzed using data reduction, data presentation, and drawing conclusions/vverification. the findings of this study showed that 1) only one indicator, fluency, entered the high criteria for the ability to think creatively and mathematically at smp muhammadiyah 2 tarakan, as seen from the ability of all subjects to solve math problems with a variety of answers and correct scores; 2) the flexibility indicator was moderate because only two subjects were capable of solving math problems in different ways; and 3) the indicator of originality was low because only 1 subject was able to solve math problems in their own way. keywords: mathematical creative thinking, mathematics education