UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V-B SDN 027 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Kelas V-B SDN 027 Tarakan

Pengarang : Emilia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peninggalan sejarah pada masa hindu-budha di indonesia siswa kelas v-b sdn 027 tarakan. jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (ptk). penelitian tindakan kelas (ptk)ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu planning(perencanaan), action (tindakan), observating (pengamatan), dan reflecting (refleksi). teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas sisa dalam pengelolaan pembelajaran.rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus i yaitu 55% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 45% siswa tidak tuntas. mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu 83% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 17%. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus i yaitu 58% siswa telah tuntas sedangkan 42% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus ii pada aspek afektif yaitu 79% siswa telah tuntas sedangkan hanya 21% siswa tidak tuntas. rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus i yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 48% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 52% mengalami peningkatan pada siklus ii yaitu siswa yang tuntas yaitu 79% dan tidak tuntas yaitu 21%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipemake a matchdapat meningkatkan hasil belajar ips pada materi peninggalan sejara pada masa hindu-budha di indonesia siswakelas v-b sdn 027 tarakan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe make a match, peninggalan sejara pada masa hindu-budha di indonesia

Abstrak Indonesia

This study aims to improve student out comes in the matter of heritage in the hindu-budha in indonesia graders of sdn 027 tarakan. this type of research used by researchers is the classroom action research (ptk). classroom action research (ptk) was conducted in two cycles, each of the four components, namely planning (planning), action (action), observating (observation), and reflecting (reflection). data collection techniques used are test and non-test. data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets and sheets observation of student activity in learning management. the average completeness classical student learning outcomes in psychomotor aspects of the first cycle that 55% of students have otherwise been completed, while 45% of students did not complete. increased in the second cycle, namely 83% of students have otherwise completed whereas 17% who did not complete. the average completeness classical student learning outcomes in the affective aspects of the first cycle that 58% of students had been completed, while 42% of students did not complete has increased in the second cycle in the affective aspects, namely 79% of students have completed while only 21% of students did not complete. the average completeness classical student learning outcomes on cognitive aspects in the first cycle ie students who have completed at 48%, while incomplete, namely a 52% increase in the second cycle is complete student with 79% and 21% complete. based on the results of this study concluded that by applying the type cooperative learning model of make a match can improve learning outcomes ips on the material relics of historians on the hindu-budha in indonesia graders of sdn 027 tarakan. keywords: learning outcomes, cooperative learning model of make a match, relics of historians on the hindu-budha in indonesia