
Developing Poster As A Learning Media In Material Introduction At Seventh Grade Of SMPN 11 Tarakan
Pengarang : Dea Suci Nurjenah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan poster sebagai media pembelajaran pada materi introduction dalam pembelajaran bahasa inggris pada siswa kelas vii di smpn 11 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. penelitian dan pengembangan ini menggunakan model addie dengan menggunakan lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli materi dan media, dan angket respon siswa. hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media pada peengembangan poster di materi introduction adalah 100% dengan kategori sangat baik, dan validasi ahli materi pada pengembangan poster di materi introduction adalah 92,5% dengan kategori sangat baik. hasil angket tanggapan siswa dibagi menjadi tiga, evaluasi formatif satu lawan satu sebesar 84,37% dengan kategori sangat baik, evaluasi kelompok kecil sebesar 85% kategori sangat baik, dan evaluasi uji lapangan adalah 87,6% dengan kategori sangat baik. hasil penelitian pengembangan media poster sebagai media pembelajaran pada materi introduction ini layak digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris siswa kelas vii smpn 11 tarakan, kata kunci: poster, media pembelajaran, penelitian dan pengembangan
Abstrak Indonesia
The objective of the research was to develop posters as learning media on introduction material in english subject at class vii students of smpn 11 tarakan. the type of the research was research and development. the researcher used addie model which consisted of five steps, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. the instrument used in this research consisted of the questionnaire for material expert validation and media expert validation, and the questionnaire for students. the results showed that the media expert validation of poster as learning media on introduction material was 100%; the material expert validation of poster as learning media on the introduction material was 92.5% and both were very well category. the results of the students’ response questionnaire were divided into three, one-to-one formative evaluation was 84.37% very good category, small group evaluation was 85% very good category, and field test evaluation was 87.6% very good category. the results of the research on developing posters as learning media on introduction material are feasible to use in learning english for class vii students of smpn 11 tarakan. keywords: poster, learning media, research and development