
Deskripsi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di SDN 002 Tarakan
Pengarang : Dinda Riswani
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 002 tarakan pada tahun ajaran 2017/2018. fokus penelitian ini adalah implementasi gerakan literasi sekolah di sdn 002 tarakan dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan gerakan literasi sekolah di sdn 002 tarakan. sumber data pada penelitian adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan pengawas sekolah. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian yaitu implementasi gerakan literasi sekolah yang ada di sdn 002 tarakan telah mengimplementasikan gerakan literasi sekolah pada tahap awal yaitu tahap pembiasaan. hasil kedua yaitu faktor pendukung dalam implementasi gerakan literasi sekolah adanya faktor dukungan pemerintah, sumber daya manusia (sdm) dan dukungan peran orang tua siswa. faktor penghambat dalam implementasi gerakan literasi yang ada di sdn 002 tarakan ada dua yaitu faktor internal seperti kurangnya minat baca siswa serta guru yang kurang literat dan faktor eksternal seperti suasana yang kurang mampu menciptakan budaya baca serta kurangnya daya dukung dari masyarakat. kata kunci: gerakan literasi sekolah
Abstrak Indonesia
This research used qualitative descriptive implemented in sdn 002 tarakan in academic year 2017/2018. the focus of this research was the implementation of school literacy movement in sdn 002 tarakan and supporting and inhibiting factors in implementing school literacy movement in sdn 002 tarakan. sources of data in this research are primary data and secondary data. the informants of this research were principals, teachers, students and school supervisors. techniques of the data collection in this research are interviews, observation and documentation. technique of the data analysis in this research is data reduction, data presentation and conclusion. the result of this research is the implementation of this school literacy movement in sdn 002 tarakan has implemented of school literacy movement in the early stages of the habituation stage. the second result is the supporting factors in the implementation of school literacy movement in the factors of government support, human resources (hr) and support the role parents. the inhibiting factor in the implementation of the literacy movement in sdn 002 tarakan are two factors, such as the student lack of reading interest and teachers who lack literacy, and then the external factors such as the atmosphere that is less able to create reading culture and lack of support from the community. keyword: school literacy movement