
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Berbantuan Media Animasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B SDN 043 Tarakan
Pengarang : Deril Buyang
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv-b sdn 043 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk). subjek penelitian adalah 27 siswa, siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam ii siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, aktivitas siswa, penelitian kognitif, psikomotorik, dan afektif. hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan media animasi dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas iv-b sdn 043 tarakan. pada siklus i ketuntasan hasil belajar aspek kognitif sebesar 50% menjadi 83% pada siklus ii, aspek psikomotorik siklus i sebesar 54% menjadi 92% pada siklus ii, dan aspek afektif siklus i sebesar 46% menjadi 87% pada siklus ii. maka dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray, hasil belajar, ilmu pengetahuan alam
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to apply cooperative learning type two stay two stray assited with animation media improve science learning outcomes of students of grade iv-b sdn 043 tarakan. the design of this research used class action classroom (cat). the subjects of the research consists of 27 students. 14 are male students and 13 students are female. this research conducted in two cycles, each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. the data which obtained are teacher observation sheet, students’ activity, research of cognitive, psychomotor, and affective. the result of p apply cooperative learning type two stay two stray assited with animation media improve science learning outcomes of students of grade iv-b sdn 043 tarakan. in cycle i the completeness of learning result in cognitive aspect gain 50% become 83% in cycle ii , psychomotor aspect in cycle i gain 54% become 92% in cycle ii, affective aspect in cycle i gain 46% become87% in cycle ii. so it can be concluded that this research succeed and suitable with the success indicator. keywords: apply cooperative learning type two stay two stray, learning results, science