
Penerapan Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah Di MI Al-Mujahidin Tarakan
Pengarang : Asruni
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Fokus pada penelitian ini adalah penerapan manajemen peserta didik berbasi sekolah di mi al-mujahidin tarakan dan faktor penghambat dan pendukung penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah di mi almujahidin tarakan. jenis penelitian yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif. sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian adalah kepala sekolah, pengawas sekolah. ketua yayasan, komite sekolah guru kelas ii dan guru kelas iv. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian pada fokus penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah di mi al-mujahidin tarakan. dari aspek yang pertama perencanaan penerimaan peserta didik baru sekolah telah melaksanakan penetapan daya tampung, penetapan persyaratan dan pembentukan panitian penerimaan peserta didik baru. kedua adalah pembinaan peserta didik yang di lakukan sekolah dengan memberikan orientasi kepada peserta didik baru, mencatat kehadiran peserta didik, mencatat presetasi peserta didik, pembinaan disiplin peserta didik dan pembinaan peserta didik yang tamat belajar. fokus kedua faktor penghambat dan pendukung penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah di mi almujahidin tarakan faktor penghambat internal peserta didik dan prasaran serta dana dan faktor ekternal peserta didik dan partisipasiorang tua adapun faktor pendukung penerapan manajemen peserta didik berbasis sekolah dan sumber daya manusia yang mendukung proses manajemen peserta didik yang berlangsung di sekolah. kata kunci: manajemen peserta didik mi al-mujahidin tarakan
Abstrak Indonesia
Focus on research this is the application of management of school-based learners in mi al-mujahidin tarakan and factors inhibiting and supporting the implementation of school-based management management in mi al-mujahidin tarakan. type of research that is used is qualitative descriptive. data source in this research is primary data and secondary data. informants in the study were the principal, the school superintendent. foundation chairman, school committee of second grade teacher and fourth grade teacher. data collection techniques in this study are interviews, observation, and documentation. data analysis technique in this research is data reduction, data presentation, and conclusion. the results of research on the focus of the implementation of school-based management students di mi al-mujahidin tarakan. from the first aspect, the planning of new school enrollment has implemented the determination of capacity, the determination of the requirements and the formation of new student acceptance committee. second is the guidance of students who do the school by providing orientation to new learners, record the presence of learners, record the presetation of learners, disciplinary coaching learners and coaching learners who graduate study. the focus of both inhibiting factors and supporting the implementation of school-based management management in mi al-mujahidin tarakan factors internal constraints of learners and infrastructure and funding and external factors of learners and participation of parents as for factors that support the implementation of school-based management of students and human resources that support process management learners that take place in school. keywords: management learners mi al-mujahidin tarakan