UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Yanto Fransiskus

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan di smp negeri 7 tarakan pada kelas vii. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 7 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. sampel penelitian ini adalah 141 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner minat belajar matematika dan dokumen hasil belajar matematika. data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu spss 25.0. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 7 tarakan dengan persamaan regresi Ŷ = 26,564 + 0,646 x. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa minat belajar memberikan pengaruh sebesar 20,4% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii smp negeri 7 tarakan. kata kunci: minat belajar, hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

The objective of the present research was to determine the effect of learning interest towards mathematics learning achievement of the seventh grade students of smp negeri 7 tarakan. a quantitative research with a survey method wa conducted in the odd semester of the 2021/2022 academic year at class vii of smp negeri 7 tarakan. the sample of this research was 141 students who are obtained by distributing a questionnaire of learning interest and collecting a document of mathematics learning achievement. the data were then analyzed by using a statistical data processing program, nemely spss version 25.0 the result of this research mathematics learning achievement of the seventh grade students of smp negeri 7 tarakan. this was proved by the regression quation Ŷ = 26.564 + 0.646 x. based on the calculation result of the corfficent of determination, it was found that the learning interest had an effect of 20.4% of the mathematics learning achievement of the seventh grade students of smp negeri 7 tarakan. keywords: learning interest, mathematics learning achievement