
Deskripsi Miskonsepsi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 031 Tarakan
Pengarang : Vani Anggraini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022Abstrak Indonesia
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif yang dilaksanakan di sd negeri 031 tarakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. penelitian ini difokuskan pada miskonsepsi siswa dalam pemecahan masalah pecahan pada siswa kelas v sd negeri 031 tarakan. sumber data dalam penelitian ini yaitu bersumber pada siswa kelas v di sd negeri 031 tarakan. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes miskonsepsi pada masalah pecahan, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian ini, peneliti mengelompokkan ke dalam 3 kelompok tipe jawaban yang serupa. dalam penelitian ini, peneliti membahas 3 subjek yang mewakili setiap kelompok dengan miskonsepsi yang unik dan berbeda-beda. miskonsepsi dialami oleh siswa a, siswa b, dan siswa c di mana mereka mengalami miskonsepsi pengertian yang tidak akurat tentang suatu konsep, pemakaian konsep yang kurang tepat atau salah, dan siswa mengalami kebingungan karena tidak menguasai konsep pendukung. kata kunci: miskonsepsi pecahan, matematika, siswa
Abstrak Indonesia
This research used qualitative research conduced at sd negeri 031 tarakan in the even semester of the 2020/2021 academic year. this study focused on students’s misconceptions in solving fractions problems in fifth-grade students of sd negeri 031 tarakan. the source of data in this study was fifth-grade students at sd negeri 031 tarakan. the data collection technique used was a misconceptions test on fractional problems, interviews, and documentation. from the results of this study, the researchers grouped into 3 group of similar types of answer. in this study, researchers discussed 3 subjects representing each group with unique and different misconceptions. misconceptions were faced by students a, student b, and student c where they experienced inaccurate understanding misconceptions about a concept, the use of in-accurate or incorrect concepts, and student’s confusion because they did not master the support concepts. keywords: fraction misconception, math, student