UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sebatik Tengah

Pengarang : Mariatul Jannah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap minat dan hasil belajar ipa. penelitian ini dilakukan pada bulan februari hingga maret 2018 di smp negeri 1 sebatik tengah. analisis data perolehan hasil menunjukkan bahwa jika dengan uji gain skor maka variable minat kelas eksperiment sebesar (m=3,7500 < m=12,5806) dari kelas kontrol dan jika dengan uji t-test thitung sebesar (-3,931), sedangkan hasil belajar ipa jika dengan uji gain skor kelas eksperimen sebesar (m= -1,7188> m=-1,1613) dari pada kelas kontrol dan jika dengan uji t-test t hitung sebesar (-2,12). artinya tidak terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) terhadap minat dan tidak terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry ) terhadap hasil belajar ipa (thitung > ttabel) setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol siswa kelas viii smp negeri 1 sebatik tengah.

Abstrak Indonesia

The objective of this research was to find outthe influence learning model guided inquiry on interest and result study of ipa. this research was carried out in smp negeri 1 sebatik tengah, and was done on february to march 2018. the result of this research showed that if the data was test by gain score so the variable interest of class eksperiment (m=3,7500 < m=12,5806) from class control and if so t-test (-3,931), so while the result study of ipa was by gain score class eksperiment (m= -1,7188 > m= -1,1613) from class control and if so t-test (-2,12). it meant there was no influence in learning model guided inquiry on interest and no learning research of ipa or there was influence in learning model guided inquiry on interest, learning research of ipa. before treatment on the experimental class and control class of the eighth grade students of smp negeri 1 sebatik tengah.