UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Secara Daring Di SMPIT Ulul Albab Tarakan

Analisis Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran IPA Secara Daring Di SMPIT Ulul Albab Tarakan

Pengarang : Suzana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran ipa secara daring di smpit ulul albab tarakan. metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif yang di dukung dengan teknik pengumpulan data berupa angket. subjek dalam penelitian adalah siswa kelas viii al-mu’minun dan an-nur yang berjumlah 49 siswa. hasil analisis diperoleh berdasarkan hasil angket dengan rata-rata persentase 64,14% dikategorikan “baik” terhadap aspek proses pembelajaran yang berarti selama pembelajaran daring responden dapat memahami dan mengerti terkait materi yang dijelaskan oleh guru. pada aspek media pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 61,62% dikategorikan “baik” yang berarti media yang digunakan guru bervariasi seperti google classroom, google meet dan whatsapp. pada aspek interaksi pembelajaran diperoleh rata-rata persentase 41,83% dikategorikan “cukup baik” yang berarti beberapa siswa aktif dalam bertanya dan mengerjakan tugas yang digunakan oleh guru. dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran ipa secara daring pada aspek unsur pembelajaran ipa yang berlangsung dengan baik mulai proses pembelajaran yang berlangsung, media yang digunakan guru membuat siswa tertarik saat pembelajaran dan pada interaksi pembelajaran siswa aktif dalam proses pembelajaran. kata kunci: pandemi covid 19, pembelajaran ipa, persepsi siswa

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine students’ perceptions of online science learning at smpit ullul albab tarakan. the research method used is descriptive quantitative which is supported by data collection techniques in the from of a questionnaire. the subjects in the study were students of class viii al-mu’minun and an-nur, totaling 49 students. the result of the analysis were obtained based on the questionnaire with an average persentage of 64.14% classified in the “good” category in the aspects of the learning process which means that during online learning the respondents can understand comprehend the material explained by teacher. in the aspects of learnig media, some students got a percentage of 61.62% classified in the “good” category, which means that the media used by teacher varies, such as google classroom, google, and whatsapp. in the aspect of learning interaction, there was a student got a percentage of 41.83 classified in the “good enough” category, which means that some students are active in asking questions and doing assignments used by teacher. it can be concluded that students’ perceptions of online science learning onb the aspects of sicience learning elements go well starting the ongoing learning process, thee media used by the teacher makes students interested in leraning and active student learning interactions in the learning process. keywords: covid 19 pandemic, science learning, student perception