
Identifikasi Permasalahan Yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Hariyati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus 2018 di smp negeri 11 tarakan. jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis permasalahan apa saja yang sering dihadapi guru dalam proses pembelajaran. subyek dalam penelitian ini adalah guru biologi dan seluruh siswa kelas vii di smp negeri 11 tarakan. instrumen dalam penelitian ini berupa angket. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, wawancara, dan dokumntasi. teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis permasalahan yang dihadapi guru biologi berdasarkan angket aktifitas aktifitas guru dalam mengajar permasalahan dengan presentase tertinggi terdapat pada pertanyaan nomor10 yaitu tentang guru pernah mengajak mengadakan praktikum dilaboratorium dengan presentase 72,72%, dan presentase tertinggi kedua terdapat pada pertanyaan nomor 9 dengan presentase kategori kadang-kadang 50,41%, presentase dengan kategori kadang-kadang dengan jumlah presentase 33,88% terdapat pada pertanyaan nomor 13, presentase keempat terdapat pada pertanyaan nomor 8 dengan jumlah presentase kategori kadang-kadang 38,01%. berdasarkan hasil angket guru mengenai permasalahan dalam pembelajaran dapat dilihat bahwa presentase tertinggi terdapat pada indikator 6 yaitu pemahaman guru tentang laboratorium dengan kriteria tidak pernah dan presentase terendah pada indikator 5 yaitu tentang media pembelajaran dengan kriteria tidak pernah dan kadang-kadang.
Abstrak Indonesia
This research was conducted in august 2018 at tarakan junior high school 11. this type of research is quantitative descriptive which aims to find out the types of problems that are often faced by the teacher in the learning process. the subjects in this study were biology teachers and all seventh grade students in smp negeri 11 tarakan. the instrument in this study is a questionnaire. data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, and documenting. the data analysis technique used is quantitative descriptive. the results showed that the types of problems faced by biology teachers were based on questionnaires of teacher activity activities in teaching problems with the highest percentage found in question number 10, namely about teachers having invited to conduct laboratory work with a percentage of 72.72%, and the second highest percentage was in question number 9 with the percentage of categories is sometimes 50.41%, the percentage is sometimes with a percentage of 33.88% found in question number 13, the fourth percentage is in question number 8 with the number of categories sometimes 38.01%. based on the results of the teacher questionnaire on the problems in learning it can be seen that the highest percentage is found in indicator 6, namely the teacher's understanding of the laboratory with criteria never and the lowest percentage in indicator 5, namely about learning media with criteria never and sometimes.