
Deskripsi Hasil Ujian Nasional Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Tahun Ajaran 2017/2018-2018/2019 SDN 007 Tarakan
Pengarang : Melda Khristina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil ujian nasional pada mata pelajaran ipa tahun ajaran 2017/2018-2018/2019 sdn 007 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas vi-a dan vi-b. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus penelitian yaitu hasil ujian nasional pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (ipa) tahun ajaran 2017/2018-2018/2019 sdn 007 tarakan meliputi nilai minimum, nilai maksimum dan rata-rata. data hasil ujian nasional ipa tahun ajaran 2017/2018 hingga 2018/2019 dari hasil yang diperoleh pada nilai minimum ujian nasional ipa tahun ajaran 2017/2018 hingga 2018/2019 di sdn 007 tarakan telah mengalami peningkatan sebesar 2,35. begitu pula, nilai maksimum ujian nasional ipa tahun ajaran 2017/2018 hingga 2018/2019 di sdn 007 tarakan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 7,65. namun pada hasil rata-rata ujian nasional ipa tahun ajaran 2017/2018 hingga 2018/2019 mengalami penurunan sebesar 1,21. penurunan yang terjadi tidak berpengaruh secara signifikan dikarenakan seluruh peserta didik telah memenuhi standar kompetensi yang ada pada tahun tersebut. kata kunci: mata pelajaran ipa, ujian nasional sdn 007 tarakan
Abstrak Indonesia
This study aims to describe the results of the national exams in science subjects for the 2017/2018-2018 / 2019 sdn 007 tarakan. this research was conducted in the even semester of the 2020/2021 school year. this type of research is descriptive qualitative research. sources of data used in this study are primary data and secondary data. the informants in this study were the principal, teachers of grades vi-a and vi-b. data collection techniques in this study were interviews, observation and documentation. data analysis techniques in this study were data reduction, data presentation and conclusion drawing. based on data analysis and discussion of research results on the focus of research, namely the results of national examinations in the subject of natural sciences (ipa) for the 2017/2018-2018 / 2019 school year sdn 007 tarakan includes minimum, maximum and average scores. data on the results of the national science exam for the 2017/2018 to 2018/2019 academic year from the results obtained in the minimum scores for the national science exam for the 2017/2018 to 2018/2019 school year at sdn 007 tarakan has increased by 2.35. likewise, the maximum score for the national science exam for the 2017/2018 to 2018/2019 school year at sdn 007 tarakan has increased significantly by 7.65. however, the average results of the national science exams for the 2017/2018 to 2018/2019 school year decreased by 1.21. the decline that occurred did not have a significant effect because all students had met the competency standards that existed for that year. keywords: natural science subjects, national examination of sdn 007 tarakan