UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas IV SD Citra Bangsa Tarakan

Deskripsi Kemampuan Guru Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Pembelajaran Matematika Sesuai Kurikulum 2013 Di Kelas IV SD Citra Bangsa Tarakan

Pengarang : Melda

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan yang terkait dengan kemampuan guru dalam menerapkan kurikulum 2013. pertama, bagaimana kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran matematika sesuai kurikulum 2013 dikelas iv sd citra bangsa tarakan?. kedua, bagaimana kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika sesuai kurikulum 2013 dikelas iv sd citra bangsa tarakan?. skripsi ini menggunakan jenis penelitian penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sd citra bangsa tarakan. fokus penelitian ini adalah kemampuan guru dalam merencanakaan dan melaksanakan pembelajaran matematika dikelas iv sd citra bangsa tarakan. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu kepala sekolah, guru kelas iv b dan siswa kelas iv b. teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa guru kelas ivb sd citra bangsa tarakan telah mampu merencanakan pembelajaran dengan memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan rpp yang ada. namun guru perlu mencantumkan media pembelajaran pada rpp serta masih perlu melakukan pengembangan dalam menyusun instrumen penilaian sesuai kurikulum 2013. kemudian, dalam melaksanakan pembelajaran guru juga telah mampu melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum 2013. namun, ada beberapa kegiatan yang belum tercapai yaitu guru belum menyampaikan manfaat pembelajaran, guru belum menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang tercantum pada rpp, kegiatan mengumpulkan informasi pada pendekatan saintifik tidak terlaksana sesuai rpp, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. kata kunci: guru, perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran, kurikulum 2013

Abstrak Indonesia

This research was intended to answer questions related to the ability of teachers to apply the 2013 curriculum. first, how do the teachers plan mathematics learning according to the 2013 curriculum in grade iv sd citra bangsa tarakan? second, what is the teacher's ability to carry out mathematics learning according to the 2013 curriculum for founth grade of sd citra bangsa tarakan? this study used descriptive qualitative method. the focus of this research was the teacher's ability to plan and implement mathematics learning in the fourth grade of sd citra bangsa tarakan sources of data in this study were primary data and secondary data with informants that included the principal, class iv b teachers and students. data collection techniques were interviews, observation, and documentation. it used qualitative data analysis techniques, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. the results of this study showed that the teacher of class ivb was able to plan lessons by paying attention to the principles of the existing lesson plans. however, the teachers needed to include learning media in the lesson plan and still needed to develop assessment instruments according to the 2013 curriculum. in implementing learning, the teacher was also able to carry out learning according to the 2013 curriculum. however, there were several activities that were not achieved such as the teacher did not deliver the benefits of learning, the teacher did not use the learning methods and strategies listed in the lesson plans, the activities of gathering information on the scientific approach were not implemented according to the lesson plans, and the lack of learning media use. keywords: teacher, planning, implementation, learning, curriculum 2013