UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Media Komik Digital Berbasis Platform Instagram Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan

Pengaruh Media Komik Digital Berbasis Platform Instagram Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Tarakan

Pengarang : Larasaty D. Pratiwi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik digital berbasis platform instagram terhadap minat dan hasil belajar ipa siswa di smp negeri 4 tarakan. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi eksperimen. pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan soal pretest-posttest dan angket. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii dengan penentuan sampel menggunakan teknik porposive sampling. hasil penelitian ini didapatkan hasil presentase minat belajar pada kelas eksperimen, pada indikator perasaan senang 89%, keterlibatan 79%, ketertarikan 83%, perhatian 88 % dan kelas kontrol pada indikator perasaan senang 55%, keterlibatan 61%, ketertarikan 59%, perhatian 59%. berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan menunjukan terdapat perbedaan minat belajar dengan presentase rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 84% dan kelas kontrol 63%. hasil penelitian hasil belajar siswa menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol hal ini dibuktikan dari nilai thitung > ttabel. nilai thitung sebesar 12,329 pada taraf signifikansi 0,05, dan df 60 diperoleh nilai ttabel sebesar 2,000. hal ini menunjukan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. kata kunci : instagram, hasil belajar, minat belajar, komik digital, pembelajaran

Abstrak Indonesia

The study aims to determine the effect of digital comic intagram media on students’ learning interest and science learning achievement of eight graders at smp negeri 4 tarakan. this research was quantitative research with a quasi-experimental research method. research data collection used pretest-posttest and questionnaires. purposive sampling was aplplied to take the research sampel, and the sampel was eighth graders. the research result showed thet the experimental class possessed a learning interest mean score of 45% higher rhan the control class, where the control class achieved 58.5%. feeling happy got 89% for experimental and 55% for control. the involment aspect was 30% lower than the experimental with 79%. the interest aspect still was led by experimental at 83%, and control only gained 59%. paying attention aspect was driven by experimental about 49% where the control was only at 59%. furthermore, the learning achievement results stated that the experimental class was better than the control class, where the test value was 12,329 at a significance level of 0.05, and df 60 is a ttable value of 2.000. this reserch result claimed that digital comic instagram media totally influenced the studets’ learning interest and achievement in scince class. keywords: instagram, learning achievement, learning interest, digital comics