
Analisis Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar
Pengarang : Dian Munira
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay pada pembelajaran di sekolah dasar berdasarkan analisis dari hasil riset peneliti terdahulu. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. fokus pada penelitian ini mengacu pada rumusan masalah pada penelitian ini dan dimensi penelitian pada penelitian ini yaitu, 1) mengetahui relevansi antara permasalahan dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berdasarkan hasil penelitian terdahulu; 2) mengetahui pencapaian hasil-hasil dalam penelitian yang telah dilakukan; 3) mengetahui kelebihan dan kekurangan dari hasil riset yang telah dilakukan oleh peneliti terdahulu. hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis yang telah dilakukan. kata kunci: deskriptif kualitatif, keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay, keaktifan dan hasil belajar
Abstrak Indonesia
Based on the findings of prior research, the purpose of this study was to determine the efficacy of using the course review horay type of cooperative learning model in elementary schools. the research method employed in this study was descriptive with a qualitative focus. the focus of this study was on the formulation of the problem and the dimensions of the research in this study, which were: 1) determining the relevance of the problem with the course review horay type of cooperative learning model based on previous research results; 2) determining the achievement of previous research results; and 3) understanding the benefits and drawbacks of past studies. according to the findings of this study, the course review horay type of cooperative learning model could boost student participation and learning outcomes, as indicated by the findings of the analysis. keywords: qualitative descriptive, the course review horay type of cooperative learning model, activity and learning outcomes