UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Nilai Etos Kerja Dalam Revolusi Mental Guna Mengembangkan Karakter Peserta Didik di SDN 037 Tarakan

Penerapan Nilai Etos Kerja Dalam Revolusi Mental Guna Mengembangkan Karakter Peserta Didik di SDN 037 Tarakan

Pengarang : Dadang Nur Mansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2021
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana penerapan nilai etos kerja dalam revolusi mental di sdn 037 tarakan dan dampak dari penerapan nilai etos kerja dalam revolusi mental guna mengembangkan karakter peserta didik di sdn 037 tarakan. penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 037 tarakan. fokus penelitian ini adalah penerapan nilai etos kerja dalam revolusi mental dan dampak penerapan nilai etos kerja dalam revolusi mental guna mengembangkan karakter peserta didik. sumber data pada penelitian ini berupa data primer dan data sekunder serta informannya yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, peserta didik dan orang tua. teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian memperlihatkan bahwa sdn 037 tarakan telah menerapkan nilai etos kerja dalam revolusi mental yaitu: (1) mandiri ditunjukkan dengan menerapkan program pramuka unggul, (2) daya saing ditunjukkan dengan menerapkan program literasi sekolah, (3) optimis ditunjukkaan dengan menerapkan kegiatan pembelajaran dalam kelas, (4) inovatif dengan menerapkan kegiatan pramuka, (5) produktif dengan menerapkan kegiatan praktikum. adapun dampak penerapan nilai etos kerja dalam revolusi mental guna mengembangkan karakter peserta didik yaitu: (1) mandiri saat ini mengalami perkembangan yang ditunjukkan dengan melaksanakan piket kelas, (2) kerja keras ditunjukkan dengan peserta didik belajar dengan sungguh-sungguh hingga mendapat juara 2 gambar bercerita (3) rasa ingin tahu ditunjukkan dengan peserta didik aktif dalam bertanya, (4) gemar membaca ditunjukkan dengan peserta didik rajin membaca, (5) kreatif ditunjukkan dengan banyaknya karya-karya peserta didik di sekolah. kata kunci: nilai etos kerja, karakter peserta didik, sdn 037 tarakan

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine how the value of work ethic in the mental revolution at sdn 037 tarakan and the effect of its implementation on the development of the students’ character at sdn 037 tarakan. this qualitative study was conducted in sdn 037 tarakan. the purpose of this research was to examine the application of work ethic value in the mental revolution and the effect of that implementation on the development of students’ character. the data were obtained from primary and secondary sources, and the informants were school supervisors, principals, teachers, students and parents. the data were collected through observation, interviews, and document studies. the analysis technique used was qualitative data analysis technique through data reduction, data presentation and conclusion drawing. the result showed that sdn 037 tarakan has integrated the value of work ethic into the mental revolution, particularly: (1) independence was proven through the implementation of a superior scouting program, (2) competitivences was proven through the implementation of school literacy programs, (3) optimism was proven through the implementation of learning activities in class, (4) innovation was proven through the implementation of scouting activities, and (5) productivity was proven through the implementation of scouting activities. as a result of the mental revolution, students’ character developed as the following: (1) independence was seen by class pickets, and (2) hard work was seen by students studying diligently until they got 2nd place int hte picture of storytelling (3) curiosity was seen by active students in asking questions, (4) love a reading was seen by students reading diligently, and (5) creativity was seen by the many works of students at school. keywords: value of work ethic, character of students, sdn 037 tarakan