UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Membaca Bersama Berbantuan Media Bigbook Pada Siswa Kelas II SDN 011 Tarakan

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Membaca Bersama Berbantuan Media Bigbook Pada Siswa Kelas II SDN 011 Tarakan

Pengarang : Winda Riska Noviani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan strategi membaca bersama berbantuan media bigbook. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. prosedur tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membaca bersama berbantuan media bigbook dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas ii di sdn 011 tarakan. pada siklus i hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 67% siswa yang tuntas. kemudian pada siklus ii mengalami peningkatan hasil tes kemampuan membaca permulaan diperoleh data sebesar 81% siswa yang tuntas. hasil penilaian tes kemampuan menulis permulaan siswa telah mencapai indikator keberhasilan sehingga peneliti menghentikan siklus dalam penelitian ini. kata kunci: strategi membaca bersama, media bigbook, kemampuan membaca permulaan

Abstrak Indonesia

This study animed at investigating how the second grade student’ initial reading ability could be improved by implementing joint reading strategy assisted by the bigbook media. this classroom action research was conducted at the sdn 011 tarakan in the even semester of the 2019/2020 academic year, with a total of 27 students. this research was conducted in 2 cycles. the procedures for each cycle were planning, implementing, observing, and reflecting. the result showed that the joint reading strategy assisted by the bigbook media could improve the initial reading ability of the second grade students. in the first cycle, the results of the test showed that 67% of students acquired the minimum accomplishment. in the second cycle, there was an increase in the initial reading ability test, with 81% of student acquired the minimum accomplishment. as the results of the assessment of the students’ initial reading ability test reached the indicators of success, the cycle in this study was stopped. keyword: joint reading strategy, bigbook media, initial reading ability