
Kompetensi Profesional Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di SDN 009 Tarakan
Pengarang : Eka Putri Pratiwi
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2020Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik di sdn 009 tarakan dan upaya apa saja yang dilakukan guru untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik di sdn 009 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di sdn 009 tarakan pada tahun ajaran 2019/2020. penelitian berfokus pada deskripsi kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik dan upaya guru dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik. adapun sumber data berupa data primer dan data sekunder dengan informan yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, guru kelas tinggi, guru kelas rendah dan siswa kelas tinggi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. serta menggunakan teknik analisis data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas tinggi dan kelas rendah sdn 009 tarakan telah menunjukkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik yang dimilikinya seperti memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah, memahami struktur, konsep dan metode keilmuan yang menaungi dan koheren dengan materi ajar, memahami hubungan konsep antarmata pelajaran terkait, dan penerapan konsep-konsep keilmuan dalam proses belajar mengajar. selain itu, guru telah melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik berupa membaca buku-buku pendidikan, membaca dan menulis karya ilmiah, mengikuti berita aktual dari media pemberitaan dan mengikuti pelatihan. kata kunci: kompetensi, profesional guru, pembelajaran tematik
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to describe teachers’ professional competence and efforts to improve it in thematic learning at sdn 009 tarakan. this qualitative research was conducted at sdn 009 tarakan in the 2019/2020 school year. it used primary and secondary data, with informants consisted of school supervisors, school principals, upper-grade teachers, lower-grade teachers, and upper-grade students. data were collected through interviews, observation, and document study. the collected data were analyzed qualitatively through data reduction, data presentation, and data conclusions. the results showed that the upper dan lower-grade teachers of sdn 009 tarakan demonstrated the professional competence in their thematic learning. this was indicated by their understanding of the teaching material in the school curriculum, the structure, concepts and scientific methods that were coherent with teaching materials, relationships of subject concepts, and the application of scientific concepts in the teaching and learning process. in addition, the teachers made several efforts to improve their professional competence in thematic learning in the form of reading educational books, reading and writing scientific papers, updating actual information from news media, and attending trainings. keywords: competence, teacher professional, thematic learning