UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Tanjung Palas Utara

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Komunikasi Matematis Di Kelas VIII A SMP Negeri 2 Tanjung Palas Utara

Pengarang : Linda Anggraini

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2022
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan komunikasi matematis merupakan modal utama dalam menyelesaikan soal matematika untuk mendukung prestasi matematika siswa. kemampuan komunikasi matematis membantu siswa dalam menyampaikan ide atau solusi dari suatu permasalahan matematika dalam bentuk lisan, tulisan, dan gambar. tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis. jenis penelitian yaitu kualitatif sehingga peneliti sebagai instrumen utama. subjek penelitian adalah kelas viii a smp negeri 2 tanjung palas utara. instrumen pendukung yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes komunikasi matematis dan pedoman wawancara. tes komunikasi matematis diikuti oleh 15 siswa, sedangkan wawancara dilakukan pada 6 siswa yang telah dipilih secara purposive sampling. hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis siswa kelas viii a smp negeri 2 tanjung palas utara melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan. faktor-faktor penyebab subjek melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal komunikasi matematis yaitu: (1) pada kesalahan memahami faktor penyebabnya siswa tidak mampu menuliskan dan menjelaskan informasi maupun perintah yang diberikan butir, dan siswa tidak mampu menyederhanakan jenis soal cerita kedalam bentuk pemodelan matematika; (2) pada kesalahan transformasi faktor penyebabnya siswa tidak dapat menentukan rumus pola bilangan dengan tepat, siswa tidak mengetahui langkah-langkah yang harus digunakan untuk menentukan nilai pola selanjutnya, dan siswa tidak dapat mentransformasikan rumus fungsi yang diberikan butir; (3) pada kesalahan keterampilan proses faktor penyebabnya siswa ceroboh dalam proses perhitungan, tidak dapat memvisualisasikan bentuk pola, tidak dapat menggambarkan titik koordinat dengan tepat, tidak mampu memahami relasi, tidak mengetahui letak kuadran, tidak dapat menggambar diagram panah, tidak memahami hakikat kodomain sebagai daerah hasil; (4) pada kesalahan penulisan faktor penyebabnya siswa tidak menuliskan jawaban akhir dan tidak tepat dalam menuliskan jawaban. kata kunci: analisis kesalahan siswa, komunikasi matematis

Abstrak Indonesia

Mathematical communication skill is the key skill in solving math problem to assist students' mathematical achievement. it facilitates students convey ideas or solution to a mathematical problem in oral, written, and pictures form. the research aim was to identify and describe student's error in solving mathematical communication problems. this research was a qualitative, where the researcher is the main instrument. the research subject was eighth grader of local a at smp negeri 2 tanjung palas utara. supporting instruments used in collecting data were mathematical communication problem and interview guidelines. the mathematical communication test was taken by 15 students, while the interview was six interviewees selected purposively. the results showed that research subject made error; understanding and transforming, processing skills, and writing. those error occurred because: (1) the students unable to write and explain information or instruction given by the problem and they could not simplify the story problem into mathematical modelling; (2) the students could not determine the number pattern form correctly, and the did not recognize stages of determining the next pattern, additionally they could not transform the function form given by the problem; (3) the students did not calculate carefully, cannot visualize the shaping-pattern, describe the coordinate incorrectly, incapably understand the relation, cannot identify the quadrant location, cannot draw arrow diagram, and do not comprehend the nature of codomain as yield area; (4) the students could not write at the last solve, and write the solve incorrectly. keywords: student error analysis, mathematical communication