
Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Kelas V SDN 011 Tarakan
Pengarang : Shella
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi tumbuhan hijau menggunakan metode quantum learning pada siswa kelas v sdn 011 tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian aktivitas siswa, lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilaian afektif dan lembar penilaian psikomotorik. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus i diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 32%, afektif 29%, psikomotorik 19%, tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa 68% dengan kategori cukup, dan pengamatan aktivitas guru mencapai nilai 59% dengan kategori cukup. pada siklus ii diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 84%, afektif 77%, psikomotorik 84%, tingkat ketuntasan aktivitas belajar siswa 87% dengan kategori sangat baik, dan pengamatan aktivitas guru mencapai 92% dengan kategori sangat baik. berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar ipa materi tumbuhan hijau pada siswa kelas v sdn 011 tarakan menggunakan metode quantum learning. kata kunci: metode quantum learning, penelitian tindakan kelas, kognitif, afektif dan psikomotorik
Abstrak Indonesia
The purpose of this research is to improve the learning outcomes of science on the green plants, using quantum learning methods, conducted on the student's grade v of sdn 011 tarakan. this type of research is classroom action research (car), conducted in 2 cycles, each cycle is done in 2 meetings, and each cycle consists of 4 stages starting from planning, action, observation and reflection. data collection techniques used are tests and non- tests. the data collection instrument used is the learning result test, the activity assessment sheet, the affective appraisal sheet and psychomotor rating sheet. based on the results of the research that has been conducted, that is in cycle i, cognitive aspect completeness 32%, affective 29%, and psychomotor 19%, the mastery level of students’ activities 68% the category is enough, and the observation of teacher’s activities reaches 59%, the category is enough. in cycle ii, cognitive aspect level 84%, affective 77%, psychomotor 84%, students’ learning activities 87%, and teacher’s activities reaches 92%, the category is very good. based on the results of the research that has been done this shows that the improvement of learning outcomes of science on the topic green plants in class v sdn 011 tarakan using quantum learning methods. key words: quantum learning methods, classroom action research, cognitive, affective and psychomotor