UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema I Pada Siswa Kelas IV-B SDN 014 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema I Pada Siswa Kelas IV-B SDN 014 Tarakan

Pengarang : Ariansyah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tema i dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) berbantuan media gambar di kelas iv-b sdn 014 tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (ptk) yang dilaksanakan di sdn 014 tarakan pada semester i tahun ajaran 2018/2019. subjek penelitian adalah siswa kelas iv-b sdn 014 tarakan yang berjumlah 26 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 14 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru dan penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar). hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht) berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar tema i siswa kelas iv-b sdn 014 tarakan. hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus i ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 59% pada siklus ii meningkat menjadi 92%. maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan. kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (nht), media gambar

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to improve the learning outcomes of theme i with the application of the cooperative learning model type numbered head together (nht) assisted by image media in class iv-b sdn 014 tarakan. the type of this research is a classroom action research (car) conducted at sdn 014 tarakan in the first semester of the 2018/2019 school year. the research subjects were students of class iv-b sdn 014 tarakan with a total of 26 students with male students totaling 14 students and women totaling 12 students. this research was conducted in 2 cycles each cycle consisting of 2 meetings. the procedure for each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. the data obtained in this study include observation sheets of teacher activities and assessment of cognitive aspects (test of learning outcomes). the results showed that by applying the cooperative learning method type numbered head together (nht) assisted by image media to improve the learning outcomes of theme i grade iv-b students of sdn 014 tarakan. this can be seen from the results obtained in each cycle, in the first cycle the completeness of student learning outcomes cognitive aspects 59% in the second cycle increased to 92%. then it can be said that the research has been successful and in accordance with indicators of success. keywords: learning outcomes, numbered head together (nht) type of cooperative learning model, image media