
Deskripsi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi KPK Dan FPB Di SDN 026 Tarakan
Pengarang : Mardiana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Fokus penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 026 tarakan tahun ajaran 2019/2020. informan dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kriteria kemampuan yang berbeda-beda yakni 1 siswa kriteria kemampuan tinggi, 1 siswa kriteria kemampuan sedang dan 1 siswa kriteria kemampuan rendah. teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kriteria kemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. siswa dengan kriteria kemampuan sedang tidak melakukan dua dimensi kesalahan siswa dengan baik dan benar sehingga keliru dalam menjalankan prosedur/langkah-langkah proses perhitungan yang tidak sistematis dan tepat dan kurangnya memahami masalah dalam menentukan apa yang diketahui dan ditanya dalam menyelesaikan soal. sedangkan siswa dengan kriteria kemampuan rendah hanya menyelesaikan dua dari empat soal yang diberikan, sementara dua soal lagi tidak dikerjakan.. berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat terlihat bahwa dua siswa memiliki kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika, namun dalam kesalahan setiap siswa memiliki deskripsi yang berbeda-beda. kata kunci: kesalahan, siswa, soal, matematika
Abstrak Indonesia
The focus of this research is students' mistakes in solving math problems. this type of research is a descriptive qualitative study conducted at sdn 026 tarakan in the 2019/2020 school year. informants in this study were students who had different ability criteria, namely 1 student with high ability criteria, 1 student with medium ability criteria and 1 student with low ability criteria. the data collection techniques of this study were interviews, observation, and documentation. the data analysis techniques of this research are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. based on the results of this study indicate that students with high ability criteria do not make mistakes in solving math problems. students with moderate ability criteria do not do the two dimensions of student errors properly and correctly so that they are wrong in carrying out procedures / steps in the calculation process that are not systematic and precise and the lack of understanding the problem in determining what is known and asked in solving problems. while students with low ability criteria only solve two of the four questions given, while two more questions are not done. based on the results of the study it can be seen that two students have errors in solving math story problems, but in each student's error has a different description-different. keywords: student errors, mathematical questions