UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Deskripsi Efektivitas Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di SDN 043 Tarakan

Deskripsi Efektivitas Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Di SDN 043 Tarakan

Pengarang : Risky Arianto

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun program supervisi pendidikan di sdn 043 tarakan dan dampak supervisi pendidikan di sdn 043 tarakan. jenis penelitian yang digunakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di sdn 043 tarakan. sumber data pada penelitian ini data primer dan sekunder, informan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, pengawas sekolah dan guru kelas. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas peran kepala sekolah sebagai supervisor dapat kepala sekolah sdn 043 tarakan telah menjalakan tugasnya sebagai seorang supervisor dengan efektif. hal ini dibuktikan bahwa kepala sekolah selalu menyusun program supervisi sesuai dengan prosedur penyusun program supervisi tahunan dan semester, mengobservasi guru, melakukan pertemuan sebelum melaksanakan supervisi, mempersiapkan materi supervisi, menyusun jadwal pelaksanaan supervisi dan terdapat instrument supervisi. adapun dampak supervisi pendidikan yang sangat berdampak kepada guru seperti menjalankan tugasnya dan menjadi lebih mampu dalam mewujudkan keahliannya. kata kunci: peran kepala sekolah dan supervisi pendidikan

Abstrak Indonesia

The purpose of this research is to know the effectiveness of the role of the headmaster as a supervisor in arranging the education supervision program at sdn 043 tarakan and the impact of education supervision at sdn 043 tarakan. the type of research used for qualitative descriptive research conducted at sdn 043 tarakan. the data sources in this research are primary and secondary data, the informant in this study is the principal, school supervisor and class teacher. the data collection techniques used are interviews, observations and documentation. validity techniques of data used triangulation techniques, sources and time. the results showed that the effectiveness of the school principal as a supervisor can be the principal of sdn 043 tarakan has served its task as an effective supervisor. it is evidenced that the headmaster always devise a supervision program in accordance with the drafting procedure of the annual supervise program and semester, observing the teacher, conducting meetings before implementing supervision, preparing the supervision material, schedule supervision and there is a supervising instrument. the impact of education supervision is very impactful to teachers such as carrying out their duties and becoming more capable in realizing their skills. keywords: principal roles and education supervision