UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Web (Webcon) Di SMP Negeri 2 Tarakan

Pengembangan Layanan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Web (Webcon) Di SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Angga Yuda Meilanda

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan layanan bimbingan dan konseling berbasis web (webcon) di smp negeri 2 tarakan dan melihat respon dari siswa dan guru bk tentang produk yang dikembangkan. penelitian pengembangan ini mengadaptasi desain penelitian pengembangan borg & gall (2015), yang dilaksanakan sampai dengan tahap ketujuh. adapun tahapan pengembangan meliputi: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data dan studi literatur, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. hasil penelitian menunjukkan bahwa, skor yang diperoleh dari validator ahli desain sebesar 47 berada pada kategori sangat layak, skor dari validator ahli materi sebesar 58 berada pada kategori sangat layak, dan skor dari validator praktisi sebesar 71 berada pada kategori sangat layak. hasil uji coba yang diambil dari nilai angket respon siswa dengan skor 20,8 berada pada kategori sangat baik dan nilai angket respon guru bk dengan skor 53 berada pada kategori sangat baik. berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan media layanan bimbingan dan konseling berbasis web (webcon) sangat layak dan mendapat respon yang sangat baik dari siswa dan guru bk. kata kunci: penelitian dan pengembangan, layanan bimbingan dan konseling, webcon

Abstrak Indonesia

The study aims to produce feasibility of guidance and counseling services based web (webcon) in smp negeri 2 tarakan and and to see students and guidance and counseling teacher responses about products developed. the development process is carried out through research and development of borg & gall's (2015) model, which is limited to the seventh stage. namely: 1) potentials and problems, 2) gathering information, 3) product design, 4) design validation, 5) design revision, 6) product trial, 7) product revision. the results showed that, the scores of the design expert validator of 47 are in very reasonable category, the score of the material expert validator of 58 are in very reasonable category, and the score of validator practitioner of 71 are in very reasonable category. the results of the trial taken from the questionnaire value of student responses with a score of 20,8 are in very good category and the value of guidance and counseling teacher response questionnaire with score 53 are in very good category. based on these results, it can be concluded that the guidance and counseling service based web (webcon) is very feasible and get excellent response from guidance and counseling teacher and students. key words: research and development, guidance and counseling service, webcon