UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru BK Dalam Menangani Perilaku Agresif Siswa Di SMP Negeri 12 Tarakan

Upaya Guru BK Dalam Menangani Perilaku Agresif Siswa Di SMP Negeri 12 Tarakan

Pengarang : Usnul Wardani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Masa remaja merupakan rentang kehidupan manusia, dimana remaja mengalami perkembangan pada kematangan fisik, mental, sosial, dan emosional sehingga cenderung menonjolkan perilaku yang negatif, salah satunya adalah perilaku agresif. untuk mengatasi perilaku tersebut, upaya guru bimbingan dan konseling sangatlah penting. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam menangani perilaku agresif siswa di smp negeri 12 tarakan. metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bk dan siswa. instrumen penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penyebab siswa berperilaku agresif adalah sebagian besar karena belum mampu mengontrol emosi, karakter siswa yang keras, dan cenderung menganggap bahwa perilaku yang mereka lakukan adalah sebuah kewajaran dan karena kurangnya pengawasan, perhatian dan kasih sayang dari orang tua sehingga anak cenderung merasa dapat melakukan apapun yang dinginkan dan (2) upaya guru bk dalam menangani perilaku agresif siswa cukup baik yaitu dengan memberikan layanan konseling individual, layanan konseling kelompok, melakukan kunjungan rumah atau home visit, bekerja sama dengan orang tua siswa dan wali kelas dalam memantau perubahan siswa. kata kunci: guru, bimbingan dan konseling, perilaku agresif

Abstrak Indonesia

Adolescence is a human life span, where adolescents experience development in physical, mental, social, and emotional maturity so that they tend to accentuate negative behavior, one of which is aggressive behavior. to overcome this behavior, the teacher's guidance and counseling efforts are very important. the formulation of the problem in this study is how the teacher's guidance and counseling efforts in dealing with aggressive behavior. the purpose of this study was to find out how the teacher's guidance and counseling efforts in dealing with aggressive behavior of students in smp negeri 12 tarakan. this type of research is descriptive qualitative research. the informants in this study were principals, bk teachers and students. research instruments are observation, interviews, and documentation. the results showed that (1) the cause of students behaving aggressively is mostly because they have not been able to control emotions, the character of students is hard, and tend to assume that the behavior they do is reasonable and because of lack of supervision, attention and affection from parents so that children tend to feel able to do anything cool and (2) the efforts of bk teachers in dealing with aggressive behavior of students is quite good by providing individual counseling services, group counseling services, conducting home visits, working with parents and homerooms in monitoring student changes. keywords: teacher, guidance and counseling, aggressive behavior