UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru BK Dalam Menangani Siswa Membolos Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Upaya Guru BK Dalam Menangani Siswa Membolos Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pengarang : Oktefiandi

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian di sekolah membantu siswa dalam mengatasinya permasalahan yang sedang dihadapinya. bimbingan dan konseling di sekolah merupakan bagian dari proses pendidikan yang teratur dan sistematis guna membantu siswa untuk dapat memahami tujuan dan keberadaan dirinya sendiri, dan agar siswa dapat memperoleh pengalaman pengalaman yang dapat memberikan masukan tentang membolos yang memberi sumbangan yang berarti bagi dirinya sendiri dan masyarakat. jenis penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode wawancara, dokumentasi. dengan subjek penelitian yaitu dua orang guru bimbingan dan konseling smp negeri 4 tarakan dengan mengunakan analisis data deskriptif. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa upaya yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling smp negeri 4 tarakan dalam menangani siswa yang membolos, yaitu pertama upaya preventif dan kuratif. upaya preventif yang dilakukan adalah : (1). memberikan nasahat kepada siswa untuk tidak membolos (2). memberikan pemahaman kepada guru mata pelajaran tentang cara penanganan siswa membolos (3). memberikan pemahaman tentang dampak membolos. sedangkan upaya kuratif yang dilakukan ialah : (1). memanggil siswa yang membolos. (2). melakukan pendekatan kepada siswa.(3) mencari informasi mengapa siswa membolos.(3). menentukan teknik konseling yang digunakan. (4). konseling dan memberikan pemahaman kepada siswa.(5).memantau perkembangan siswa setelah diberikan pemahaman. kata kunci: guru bimbingan dan konseling, siswa, membolos

Abstrak Indonesia

The purpose of research in the school helps students to overcome the problems that are facing. guidance and counseling in the school is part of a regular and systematic education process to help students understand their goals and whereabouts, and student can gain experience and knowledge about ditching for themselves and society. this research uses a qualitative approach that is descriptive and using the method of interview and documentation. the subject of research are two guidance and counseling teachers of smp negeri 4 tarakan by using descriptive data analysis. based on the results of research indicate that there are some efforts made by the guidance and counseling teachers smp negeri 4 tarakan in dealing with ditching students, that are preventive and curative efforts. preventive efforts are: (1). advise students not to skip the class (2). provide an understanding to the subject teachers on how to handle truant students. (3). gives an understanding of the impact of ditching. while the curative effort are: (1). calling a truant student. (2). approach the student (3) looking for information about why the students are ditching. (4). determining the counseling techniques used. (5). counseling and providing understanding to students (6). monitoring student progress after understanding. keywords: guidance and counseling teacher, students, ditching