
Hubungan Antara Penerimaan Teman Sebaya Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Di MTs Al-Fatah Tarakan
Pengarang : Nurhaera
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal siswa di mts al-fatah tarakan. penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasional. variabel bebas yaitu penerimaan teman sebaya dan variabel terikat yaitu komunikasi interpersonal. populasi dalam penelitian ini berjumlah 89 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh sebanyak 72 orang siswa mts al-fatah tarakan. instrumen dalam penelitian ini menggunakan skala penerimaan teman sebaya dan komunikasi interpersonal dengan skala pengukuran likert. penelitian ini menggunakan rumus korelasi person. analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. pengujian hipotesis menggunakan person dengan bantuan program spss 24.00 for windows. berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,756, hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,227 pada taraf signifikansi ? = 5% dengan n = 72 maka rhitung = 0,756>rtabel = 0,227, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan teman sebaya dengan komunikasi interpersonal siswa di mts al-fatah tarakan. kata kunci: penerimaan teman sebaya, komunikasi interpersonal
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the relationship between peer admissions with students' interpersonal communication at mts al-fatah tarakan. this research used quantitative research design through correlational approach. the independent variables were peer acceptance and the dependent variable was interpersonal communication. the population in this studied amounted to 89 students and sampling using simple random sampling technique obtained by 72 students of mts al-fatah tarakan. instruments in this studied using peer acceptance scale and interpersonal communication with likert measurement scale. this research used person correlation formula. data analysis in this research used descriptive statistical analysis and inferential statistic. hypothesis testing using person with the help of program spss 24.00 for windows. based on the calculation of correlation coefficient obtained coefficient value of 0.756, the results were compared with rtable = 0.227 at significance level ? = 5% with n = 72 then rcalculated = 0.756> rtable = 0.227, so it could be concluded that there was a relationship between peer acceptance with communication interpersonal students at mts al-fatah tarakan. keywords: peer reception, interpersonal communication