UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Resiliensi Siswa Broken Home (Studi Kasus Pada Siswa SMK Negeri 3 Tarakan)

Resiliensi Siswa Broken Home (Studi Kasus Pada Siswa SMK Negeri 3 Tarakan)

Pengarang : Juwita

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resiliensi siswa broken home di smk negeri 3 tarakan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif berdasarkan sifat masalahnya penelitian ini berjenis studi kasus merupakan suatu metode untuk memahami individu agar di peroleh pemahaman yang mendalam. fokus dalam penelitian ini adalah resiliensi siswa kelas xii agribisnis perikanan. waktu dan tempat penelitian ini dilaksanakan di smk negeri 3 tarakan. beralamatkan di jalan karya bersama gunung mandiri kelurahan juata laut kecamatan tarakan utara. subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposeful sampling. teknik pengumpulan data menggunak wawancara terstruktur. teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, lalu kesimpulan. uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. berdasarkan hasil penelitian ini di peroleh hasil bahwa bagaiamana resiliensi yang dimiliki oleh siswa broken home, dilihat dari empat aspek, dijabarkan sebagai berikut: 1) kompetensi sosial, ar adalah siswa yang mampu membangun hubungan yang positif dengan orang disekitarnya. 2) keterampilan memecahkan masalah, ar memiliki resiliensi yang baik dalam menyelesaikan masalah dan memiliki sikap yang dewasa dengan berani meminta maaf terlebih dahulu. 3) autonomi ekonomi, ar memiliki kesadaran diri terhadap kemampuan dan dapat mengendalikan dirinya dalam mewujudkan keinginnan dengan tidak membebankan orang lain. 4) kesadaran akan masa depan, ar memiliki kesadaran tujuan masa depan yang baik dengan belajar lebih giat untuk mencapai cita-cita dan mampu berprsetasi di kelas. kata kunci: resiliensi, broken home

Abstrak Indonesia

This study aims to determine the resilience of broken home students in smk 3 tarakan. this type of research used in this study is a qualitative research based on the nature of the problem this research type case study is a method for understanding individuals so that they get a deep understanding. the focus in this study is the resilience of xii fisheries agribusiness class students. the time and place of this research was carried out at smk 3 tarakan. addressed at karya bersama gunung mandiri street, juata laut village, north tarakan district. subjects in this study used purposeful sampling method. the data obtained by structured interviews method. the data analyzed by data reduction method, data presentation, then conclusions. data validity test uses data triangulation method. based on the results of this study, the results obtained that how resilience owned by broken home students, viewed from four aspects, are described as follows: 1) social competence, ar is a student who is able to build a positive relationship with those around him. 2) problem solving skills, ar has good resilience in solving problems and having a good attitude with the courage to apologize first. 3) economic autonomy, ar has a self-awareness of ability and can control himself in realizing desire by not charging others. 4) awareness of the future, ar has an awareness of good future goals by learning harder to achieve goals and be able to concentrate in class. kata kunci: resilience, broken home