
Konsep Diri Mahasiswa Broken Home (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Di Universitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Fitria Nor Febri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2019Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri mahasiswa broken home studi kasus pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling di universitas borneo tarakan. jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek penelitian berjumlah 1 orang mahasiswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam. teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa konsep diri positif mahasiswa broken home lebih besar di pengaruhi oleh diri sendiri dan juga melalui dimensi pengetahuan diri, penilaian diri dan pengharapan diri diketahui bahwa konsep diri mahasiswa broken home positif. pengetahuan diri subjek sangat baik mampu menerima kelebihan dan kekurangan dalam dirinya berjiwa sosial tinggi. penilaian diri subjek sangat positif sangat menghargai diri sendiri dan orang lain. serta pengharapan diri yang positif untuk masa depannya kelak. kata kunci: konsep diri, positif, broken home, mahasiswa bk
Abstrak Indonesia
This research aims to determine the self concept of broken home students, case study on students of guidance and counseling department at borneo university tarakan. the desaign of this research was qualitative research with a case study approach. the number of the research subjects was 1 student. data collection techniques were observation and interviews. data analysis techniques were data reduction, data display and conclusion. based on the results of the study, it showed that the positive self concept of broken home student is influenced more by themselves and also through the dimensions of self knowledge, self assessment and self expectation. it is known that the self concept of broken home student is positive. the self knowledge of the subject is very well to accept the advantages and disadvantages in him with a high social spirit. a very positive self assessment of the subject highly respect himself and others. as well as positive self expectations for the future. key words: self concept, positive, broken home, student of guidance and counseling department