UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 12 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pengaruh Mind Mapping Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 12 Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019

Pengarang : Anggun Dwi Safitri

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mind mapping terhadap motivasi belajar kelas viii smp negeri 12 tarakan tahun pelajaran 2018/2019. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi experimental design dalam bentuk nonequivalent control group design. populasi penelitian ini yaitu 191 siswa kelas viii smp negeri 12 tarakan. sampel penelitian ini berjumlah 20 siswa terbagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. metode pengumpulan data menggunakan skala ams (academic motivation scale) dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus relliabel untuk uji validitas skala ams (academic motivation scale) dengan hasil dari 49 butir pernyataan terdapat 24 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial uji hipotesis dengan menggunakan uji mann whitney u program spss 24.0 for windows. berdasarkan hasil penelitian analisis data statistik hasil perhitungan uji mann whitney u dengan menggunakan spss 24.0 for windows di peroleh nilai signifikansi = 0.000 < ? = 0.05. hal ini menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0.05 dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis diterima, yang berarti bahwa ada pengaruh mind mapping terhadap motivasi belajar siswa kelas viii di smp negeri 12 tarakan tahun pelajaran 2018/2019. kata kunci: mind mapping, motivasi belajar

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine the effect of mind mapping on the learning motivation of class viii of junior high school 12 tarakan in the academic year 2018/2019. this study uses a quantitative approach type quasi experimental design in the form of nonequivalent control group design. the population of this study is 191 eighth grade students of junior high school 12 tarakan. the research sample consisted of 20 students divided into the experimental group and the control group. data collection method uses the ams (academic motivation scale) scale with a likert scale. this study uses the relliabel formula to test the validity of the ams (academic motivation scale) scale with the results of 49 statement items there are 24 valid items. the data analysis technique in this study is descriptive statistical analysis and inferential analysis hypothesis testing using the spss 24.0 for windows program mann whitney u. based on the results of statistical data analysis results of the calculation of the mann whitney u using spss 24.0 for windows obtained a significance value = 0.000 < α = 0.05. this shows the significance value of less than 0.05 can be concluded that the hypothesis is accepted, which means that there is an influence of mind mapping on the learning motivation of viii graders in tarakan 12 middle school in 201/2019 academic year. keywords: mind mapping, learning motivation