
Pengaruh Teknik Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Hang Tuah Tarakan Tahun Pelajaran 2018/2019
Pengarang : Andi Rina Nuraini
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2018Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik jigsaw terhadap motivasi belajar siswa kelas xi di sma hang tuah tarakan, jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yaitu eksperimen dengan desain quasi eksperimental dan rancangan yang digunakan peneliti adalah nonequivalent control group design, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas xi di sma hang tuah tarakan yang berjumlah 200 orang siswa, penarikan sampel sebanyak 60 orang siswa yang di tentukan dengan teknik group random sampling. data motivasi belajar menggunakan skala likert. data di analisis dengan menggunakan anava campuran berbantuan spss 24.00 for windows. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar siswa antara siswa kelompok eksperimen yang menggunakan teknik jigsaw atau diberikan treatment dan siswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik jigsaw hanya diberi pre-test dan post-test tanpa treatment. hasil pada peneliti bahwa terdapat nilai berbeda secara signifikan kelompok kontrol pretest dengan rata-rata 67,50 kontrol posttest tanpa diberikan treatment dengan rata-rata 63,77 berbeda dengan kelompok eksperimen yang mendapatkan skor eksperimen pretest dengan rata-rata 66,40 eksperimen posttest setelah diberikan treatment dengan rata-rata 81,43 maka dari itu dapat dikatakan bahwa menggunakan teknik jigsaw berpengaruh pada motivasi belajar siswa. kata kunci: jigsaw, motivasi belajar
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of jigsaw techniques on the learning motivation of class xi students at hang tuah tarakan high school, the type of research used is quantitative, that is the experiment with quasi experimental design and the design used by the researcher is nonequivalent control group design. at hang tuah tarakan high school, which consisted of 200 students, 60 students were selected by group random sampling technique. learning motivation data using a likert scale. the data was analyzed using an anava mixture assisted by spss 24.00 for windows. the results showed that there were significant differences in student learning motivation between students in the experimental group who used jigsaw techniques or were given treatment and the control group students who did not use jigsaw techniques were only given untreated pre-test and post-test. the results for the researcher that there are significant differences in the pretest control group with an average of 67.50 posttest controls without treatment with an average of 63.77 different from the experimental group which obtained a pretest experimental score with an average of 66.40 posttest experiments after given treatment with an average of 81.43, therefore it can be said that using jigsaw techniques affects student motivation. keywords: jigsaw, motivation to learn