UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Berbantuan Cerita Rakyat Tana Tidung Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018

Pengaruh Bimbingan Kelompok Berbantuan Cerita Rakyat Tana Tidung Terhadap Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 023 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018

Pengarang : Achmad Nur Khakhim

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok berbantuan cerita rakyat tana tidung terhadap karakter siswa sekolah dasar negeri 023 tarakan tahun pelajaran 2017/2018. jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. populasi dalam penelitian ini yaitu 77 peserta didik kelas v di sd negeri 023 tarakan dan sampel 18 peserta didik kelas v di sd negeri 023 tarakan. metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala karakter dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala karakter dengan hasil dari 30 butir pernyataan terdapat 26 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan uji hopitesis dengan menggunakan program spss 23.0 for windows. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh asymp sig sebesar 0,028 sementara taraf signifikan (?) adalah 5% (0,05). berdasarkan hasil pengelolaan uji wilcoxon menggunakan spss 23.0 for windows menunjukkan asymp sig ? atau 0,028 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik mendongeng terhadap karakter siswa kelas v di sd negeri 023 tarakan tahun pelajaran 2017/2018. kata kunci: teknik mendongeng, karakter

Abstrak Indonesia

The objective of the study was to know the influence of tana tidung people's aid guidance to the character of the elementary school students 023 tarakan in the academic year of 2017/2018. the research design was preexperimental design with one group pretest-posttest design. the population in this research was 77 students at fifth grade students of the elementary school students 023 tarakan and the sample was 18 students at fifth grade students of the elementary school students 023 tarakan. the technique of data collection used character scale with likert scale. this research used product moment formula to test character scale validity with the result that 26 questions were valid from 30 questions. the technique of data analysis in this research are descriptive statistic technique and hypothesis test by using spss 23.0 for windows program. based on the research before and after giving the treatment, the calculation result of hypothesis test was gained that asymp sig was 0,028 meanwhile the significant level (?) was 5% (0,05). based on the wilcoxon test by using spss 23.0 for windows showed that asymp sig < ? or 0,028 < 0,05 then it an be concluded that there was influence of group guidance with storytelling technique on students character at fifth grade students of the elementary school students 023 tarakan in the academic year of 2017/2018. keyword: storytelling technique, character