
Pengaruh Bimbingan Belajar Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IX Putri MTs Al-Fatah Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Nur Alam Hidayah Sari
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar dengan metode mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa kelas ix putri mts al-fatah tarakan tahun pelajaran 2016/2017. jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest desaign. populasi dalam penelitian ini yaitu 21 siswa dan sampel 21 siswa kelas ix putri mts al-fatah tarakan, metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kreativitas belajar siswa dengan skala likert. penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kreativitas belajar dengan hasil dari 60 butir pernyataan terdapat 33 butir yang valid. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji t dikorelasikan menggunakan program spss 22.0 for windows. berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus t-test, dapat diketahui bahwa hasil thitung (5,968) ≥ ttabel (1,714) dengan taraf signifikan 5% yang mana dapat dikatakan juga bahwa thitung ≥ ttabel. perhitungan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar metode mind mapping yang diberikan berpengaruh secara signifikan dalam mengubah kreativitas belajar siswa kelas ix putri mts al-fatah tarakan tahun pelajaran 2016/2017. kata kunci: bimbingan belajar metode mind mapping, kreativitas belajar
Abstrak Indonesia
The purpose this research to know the effect of the guidance learning methods mind mapping to students learning creativity in grade ix woman of mts al-fatah tarakan in academic year 2016/2017. this research is a pre-experimental research design which using one group pretest-posttest design. the population in this study are 21 students and 21 students as sample of grade ix woman mts al-fatah tarakan. methods of data collection in this study using a scale of students learning creativity with likert scale. this study use product moment to test the validity of the students learning creativity scale that the results 33 valid items of 60 items. data analysis techniques in this research was descriptive and inferential analysis using the t-test were correlated using spss 22.0 for windows. based on the result analysis by using the formula t-test, can be known that the thitung (5,968) ≥ ttabel (1,714) with taraf significant 5% which can be said also that thitung ≥ ttabel. the calculations analysis result can be concluded that the guidance learning methods mind mapping given influential significantly in turn the students learning creativity. keywords: guidance learning methods mind mapping, learning creativity