
Studi Tentang Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Malinda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016Abstrak Indonesia
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa di smp negeri 3 tarakan tahun pelajaran 2015/2016?”. sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok pada siswa di smp negeri 3 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. jenis penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang prosedur pengentasan masalahnya dilakukan dengan menyelidiki keadaan subjek atau objek penelitian. di mana fokus penelitiannya yaitu dengan melihat gambaran nyata tentang pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di smp negeri 3 tarakan dengan subjek meliputi yaitu 3 orang guru bk. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sebagai metode pokok dan melalui observasi, wawancara sebagai metode pokok dan dokumen sebagai pendukung. teknik analisis data yaitu menggunakan langkah analisis data deskriptif, dan analisis data kualitatif terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, penyederhanaan data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan bimbingan kelompok di smp negeri 3 tarakan tahun pelajaran 2015/2016 sudah berjalan dengan baik walaupun dalam pelaksanaan kegiatan ada beberapa program yang waktunya diundur karena berbenturan dengan kegiatan yang diadakan oleh sekolah. tetapi itu bukan merupakan kendala bagi guru bk karena mereka masih tetap dapat melaksanakan program layanan bimbingan kelompok yang ada di sekolah. dalam kegiatan pelaksanaan program layanan bimbingan kelompok, masing-masing personalia saling mendukung dan berusaha semaksimal mungkin agar siswa dapat memahami apa yang disampaikan dan tujuan tercapai. pelaksanaan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang cukup baik seperti adanya ruang bk, modul serta fasilitas penunjang lainnya. kata kunci: layanan bimbingan kelompok
Abstrak Indonesia
The problem formulation of this research is “how the guidance in group students in smp negeri 3 tarakan in the academic year of 2015/2016. meanwhile the purpose of this research is for find out the realization of guidance in group in smp negeri 3 tarakan in the academic year of 2015/2016. the research design was qualitative descriptive with the taking or pulling something out problem procedure by look the real illustration about the implementation of guidance in group in smp negeri 3 tarakan. this research is focus with how to doing guidance in group of students in smp negeri 3 tarakan with three teacher in guidance and counseling. the techniques of collecting data are interview as the primary method and observation. the technique of data analisys is with data collecting, data reduction, data display, and conclusion drawing. based on the results of the research is the guidance on group in smp negeri 3 tarakan in the academic year of 2015/2016 is best but in that treatment any programs not to do because the limit of time. but that is not constraint for the teacher of guidance and counseling because their can constant to execute guidance in group. on the guidance in group, the personnel is mutual support and try to be maximal in order to the students can understand what the knowledge from the teacher. the implementation of guidance in group is supported with the best guidance counseling room, modules, and the other facilities. keywords: guidance in group