UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tana Tidung Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tana Tidung Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Dandan Setia

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik homeroom terhadap kejenuhan belajar siswa. penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi sma negeri 2 tana tidung. teknik sampling yang digunakan adalah teknik populasi jenuh. jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 35 siswa, dan sampel yang diambil sebesar 100% dari jumlah populasi yaitu 35 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. metode pengumpulan data menggunakan skala dan observasi. teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensisal dengan bantuan spss versi 22.0 for windows. hasil penelian menunjukan pengaruh dalam mengurangi kejenuhan belajar siswa. hal ini terlihat dari hasil perhitungan dengan menggunakan spss 22 for windows diperoleh nilai thitung= 31,905 dan t-tabel yaitu 2,045, menunjukkan bahwa thitung > t-tabel yaitu 31,905 > 2,045 sehingga hipotesis alternatif (ha) yang menyatakan “ada pengaruh teknik homeroom terhadap kejenuhan belajar kelas xi sma negeri 2 tana tidung” dinyatakan diterima. kata kunci: kejenuhan belajar, teknik homeroom

Abstrak Indonesia

The purpose of this study was to determine the effect of the saturation homeroom engineering student learning. this research included type of qualitative research. the population in this study were all students of class xi sma negeri 2 tana tidung. the sampling technique used is the technique of saturated population. total population in this study were 35 students, and samples taken at 100% of the total population that is 35 students sampled in this study. methods of data collection using a scale and observation. data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential. the results of recent research in lower saturation indicates the effect of student learning. this is evident from the results of calculations using spss 22 for windows obtained by value t = 31.905 and t table is 2.045, indicating that t> t table ie 31.905> 2.045 so that the alternative hypothesis (ha) states "no influence techniques homeroom to saturation studying in class xi sma tana tidung school 2 "are accepted. keywords: saturation learn, engineering homeroom