UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peran Guru BK Dalam Memandirikan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Peran Guru BK Dalam Memandirikan Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Aidil Alif

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru bk dalam memandirikan belajar siswa. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. penelitian ini dilakukan di smp mulawarman tarakan dengan subjek penelitian 1 orang guru bk dan data skunder diambil dari guru mata pelajaran dan 2 siswa. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik keabsahan data. adapun hasil penelitian ada peran guru bk dalam memandirikan belajar siswa, dalam perannya guru bk memperlihatkan bagaimana kemampuan personal yang dimiliki guru bk. peran guru bk dalam memandirikan belajar siswa guru bk membantu kontrol/pengawasan belajar siswa dalam proses yang dilakukan guru bk. guru bk mencoba meningkatkan ketelitian belajar sehingga siswa tidak kesulitan dalam menangani hal-hal yang kecil, guru bk memberikan materi layanan bimbingan dan konseling yang sesuai dengan setiap permasalahan yang dihadapi siswa. kata kunci: peran guru bimbingan dan konseling, kemandirian belajar

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the role of teacher in memandirikan bk student learning. this type of research is a qualitative descriptive study. this research was conducted in junior high with the subject of tarakan mulawarman 1 bk teacher and person data taken from skunder subjects teacher and 2 students. data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. technique of data analysis in this research is with the reduction of the data, the presentation of data, and the withdrawal of the conclusion. then analyzed by using the technique of the validity of the data. as for the results of the research there is the role of teacher in student learning memandirikan bk, bk teacher in his role shows how the capabilities of personal bk teacher owned. the role of the teacher in the bk memandirikan bk teacher helps students learn to control/supervision of student learning in a process conducted teacher teacher bk bk. try precision learning so that students do not trouble in dealing with small things, bk teacher gives guidance and counseling service materials that correspond to each of the problems facing students. keywords: the role of guidance and counseling teachers, learning independence