UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengaruh Teknik Problem Solving Terhadap Kecerdasan Adversitas Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Wahyu Rachmadayanti

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2016
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada hasil observasi awal bahwa terdapat masalah kecerdasan adversitas yang rendah pada siswa kelas viii di smp negeri 2 tarakan yang ditunjukan dari adanya aktivitas siswa seperti tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri dan berputus asa ketika dihadapkan pada suatu masalah atau tantangan. masalah kecerdasan adversitas tersebut diberikan perlakuan berupa teknik problem solving. tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecerdasan adversitas siswa sebelum dan sesudah teknik problem solving diberikan. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental one group pre test and post test design. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 2 tarakan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 358 siswa. teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dan sampel penelitian ini berjumlah 15 siswa. metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode skala kecerdasan adversitas sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,001 ˂ α = 0,05 maka h0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik problem solving terhadap kecerdasan adversitas siswa yang rendah di smp negeri 2 tarakan tahun pelajaran 2015/2016. kata kunci: teknik problem solving, kecerdasan adversitas

Abstrak Indonesia

This research conducted based on the initial observation that there is a problem that is low on the intelligence adversity from students at smpn 2 tarakan which indicated the presence of such student activities cannot resolve the problem and despair when faced with a problem or challenge. the question of intelligence adversity given treatment of problem solving techniques. the purpose of this research to improve the intelligence of adversity students through problem solving techniques. the type of research used in this research is pre eksperimental one group pre test and post test design. population in this research is student class viii at smpn 2 tarakan in the academic year 2015/2016 who numbered 358. the sampling technique used in this research is purposive sampling and sample this research consisted of 15 students. methods of data collection in research using intelligence scale adversity while data analysis used in this study is a no parametric statistic using the wilcoxon test. based on the result of the before and after research treatment, obtain calculation results of hypothesis testing based on the probability values obtain symp sig = 0,001 < α = 0,05 so h0 is rejected, so it can be concluded that there is an influence of problem solving techniques to the students with low adversity intelligence at smpn 2 tarakan in the academic year 2015/2016. keywords: techniques problem solving, adversity intelligence